Info Kost MedanAir merupakan sumber kehidupan bagi mahkluk hidup tidak terkecuali manusia. Masalah yang sering terjadi di tempat kos adalah sumber air yang tidak bersih. Kualitas air yang buruk akan memberikan dampak yang buruk pula bagi kesehatan penghuni kos.

Sumber air yang terkontaminasi dengan bakteri dan kuman dapat menyebabkan berbagai penyakit bagi penggunanya. Penyakit yang di timbulkan seperti alergi pada kulit, diare, hingga batu ginjal. Maka dari itu, ketika memilih tempat kos maka sebaiknya perhatikan kualitas airnya, pastikan sumber air yang tersedia bersih dan cukup untuk berbagi ke seluruh penghuni kos-kosan.

Ciri Kualitas Air Yang Buruk Serta Telah Tercemar Oleh Kuman Dan Bakteri

  1. Air Memiliki Warna

Ciri utama air yang sehat dan bersih adalah tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Jika air di tempat kosmu memiliki warna maka sudah dapat di pastikan air tersebut telah tercemar dan tidak baik untuk kesehatan. Warna yang timbul pada air biasanya di akibatkan oleh pipa yang telah berkarat. Air yang mengandung karat bila terkena kulit maka akan menyebabkan gatal khususnya untuk kulit yang sensitif. Dan bila air terminum, maka dapat mengakibatkan diare.

  1. Air Memiliki Bau

Ada banyak faktor yang menyebabkan air di tempat kos memiliki aroma bau. Jika kosan mengambil air dari saluran PDAM, jika terdapat bau maka itu hal yang wajar. Sebab bau tersebut di karenakan oleh tambahan klorin pada sumber air yang bertujuan untuk membunuh bakteri. Namun jika air memiliki bau seperti bau lumpur atau comberan, bisa jadi sumber air di tempat kos tersebut bocor mengenai saluran comberan. Sumber air ini tidak baik bila di gunakan karena dapat menimbulkan penyakit pada kulit.

Baca juga : Demi Kenyamananmu! Ini Dia 5 Ciri Kos Kosan Yang Baik Dan Layak Huni

  1. Air Yang Berbusa

Tingginya kandungan udara pada pipa saluran air dapat membuat air menjadi berbusa. Hal ini biasa dan tidak berbahaya. Namun yang menjadi berbahaya adalah apabila busa tidak hilang dalam waktu yang lama. Bila busa tidak hilang dalam waktu yang lama, maka bisa jadi air telah terkontaminasi dengan bakteri. Bakteri yang Bersarang pada air akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kamu. Akibatnya adalah kamu akan mengalami diare dan masalah lainya seperti gatal dan kudis.

  1. Air Memiliki Endapan

Ketika kamu membuka saluran pipa air di tempat kos dan menemukan air yang keluar dengan campuran tanah, lumpur, pasir atau semacamnya, menandakan bahwa air tersebut mengalami endapan. Air yang memiliki endapan ini memang tidak terlalu berbahaya, namun jangan pernah untuk mencoba mengkonsumsinya karena akan membuat diare. Namun, alangkah lebih baiknya kamu juga tidak menggunakan air yang memiliki endapan. Karena selain kotor, air ini juga bukan malah membersihkan namun malah membuat tubuh menjadi kotor. Sebaiknya gunakan alat penyaring air agar endapan tanah tidak terkontaminasi dengan air.

Itulah 4 ciri air yang memiliki kualitas yang buruk. Pastikan tempat kos yang kamu huni tidak memiliki air dengan ciri yang telah di sebutkan di atas.

Jika anda sedang mencari rumah kost yang dapat memberikan kenyamanan, ketenangan, serta memiliki ukuran yang luas dan bersih, silahkan langsung hubungi kami di Info Kost Medan. Kami juga menyediakan rumah kost dengan fasilitas yang lengkap seperti TV, AC, kasur, lemari, kamar mandi dalam, tempat parkir luas, CCTV, cuci setrika pakaian, dapur dan air PDAM. Yuk langsung cek di Info Kost Medan.