Kost Medan – Libur tlah tiba..libur tlah tiba..hatiku gembira….

Liburan menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi para anak kost. Apalagi jika itu liburan hari raya keagamaan. Di momen bahagia tersebut, mereka seperti diwajibkan untuk pulang kampung. Rindu kampung halaman akan segera terobati. Bisa menyantap segala hidangan khas kampung halaman, atau sekedar bernostalgia kenangan-kenangan dengan para sahabat di kampung.

Namun sebelum pulang, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar momen pulang kampungmu semakin tenang dan aman. Apa saja yang harus diperhatikan?

 

Jaga selalu kesehatan

Tips ini sangat penting buat kamu yang sedang melakukan perjalanan mudik dan jauh, kamu harus memiliki keadaan tubuh yang fit supaya saat mudik kamu fit dan menikmati momen saat di kampung halaman. Hindari keluyuran hingga tengah malam. Istirahat yang cukup semalam sebelum kamu pulang mudik besoknya.

 

Jangan sembarangan meninggalkan barang berharga

Aturlah barang-barang berharga kamu yang rasanya tidak efektif dibawa mudik. Sembunyikan atau titip pada sanak saudara atau teman kos yang tidak mudik.

Terkadang ketika masuk waktu liburan, ada saja kasus kemalingan kost. Penjahat sudah mengintai situasi kost, mencari tahu kapan kost akan sunyi.

 

Bawalah barang seperlunya
Jika ingin bawa baju, bawalah seperlunya, begitu juga dengan oleh-oleh. Jangan nanti kamu membawa terlalu banyak barang dan menyusahkan kamu selama perjalanan.

Bawa barang seperlunya dari kost juga akan memudahkan kita membawa barang kembali dari kampung halaman. Ketika akan balik ke kost, orang tua akan membawakan kita bekal yang cukup banyak, baik itu hasil kebun atau makanan yang dapat ketika sudah sampai di kost.

 

Matikan barang elektronik di kamar kos

Jangan tinggalkan kamar dalam kondisi barang elektronik seperti dispenser atau magic com menyala. Matikan saja, begitu juga cabut semua aliran listrik. Supaya nanti tidak terjadi arus pendek atau kosleting yang menyebabkan kebakaran.

 

Pastikan kosan aman

Coba cek lagi keamanan pintu kamar kos kamu. Aman nggak ditinggal? Periksa lagi kekuatannya, jika sudah kendor kuncinya, ganti yang baru saja. Sebelum pergi, pastikan kamar dan kosan kamu terkunci ya. Jaga-jaga!

 

Selalu waspada selama mudik
Tetaplah waspada selama perjalanan mudik nanti. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, pastikan kondisi mobil atau motor layak untuk dibawa jalan jauh. Fokuslah selama perjalanan, istirahatlah saat lelah. Karena kesalamatan dan kesehatanmu yang paling penting.

 

Amankan tiket
Buat kamu yang akan mudik menggunakan transportasi umum. Pastikan kamu sudah memiliki tiket jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Kalau kamu membeli tiket mendekati waktu liburan/hari besar, biasanya haragnya akan melonjak naik. Bahkan sering kehabisan tiket meskipun harganya sudah naik. Permasalahan tiket seperti sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya.

Buat anak kost, tiket mahal akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan kamu, karena kamu harus memikirkan uang untuk ongkos balik lagi. Jika kamu sudah membeli tiket, pastikan lagi tiket dan tanda reservasinya terjaga baik-baik. Selalu bikin back up, jangan sampai kamu tidak pulang karena tiket terselip atau lupa kamu mnaruhnya dimana.

 

Laporlah pada pemilik kos

Jika kamu tinggal atau berdekatan dengan pemilik kos, laporlah sebelum mudik. Supaya dia bisa mewanti siapa saja yang tinggal di dalam kos atau takutnya nanti ada orang asing masuk yang mengaku sebagai teman kamu. Jadi pemilik kos juga bisa berjaga-jaga. Selain untuk berjaga-jaga, hal ini juga menjadi nilai tata krama kepada pemilik kost.

 

Selamat pulang kampung gengs, salam pada keluargamu. Semoga kembali dengan sehat dan selamat.