Kost Medan – Bagi anak kost, kamar adalah rumah, tempat berlindung dan beristirahat selepas kuliah atau bekerja. Kamar kost penting untuk dijaga kebersihannya, karena kamar yang kotor dan jorok, malah akan membuat kamu tidak nyaman berada di kamar kost. Aktifitas kamu di kamar kost atau bahkan Istirahat kamu akan terganggu. Untuk itu, berikut ini tips praktis bagi kamu para anak kost yang ingin cara praktis dalam membersihkan kamar.

  1. Membuka ventilasi kamar

Bukalah ventilasi kamar, karena ketika membersihkan kamar tentunya debu yang ada di kamarmu akan beterbangan. Membuka ventilasi juga ditujukan untuk pertukaran udara agar tidak lembab atau pengap. Biarkan udara keluar masuk ke dalam kamarmu melalui ventilasi kamar.

  1. Gunakan wadah plastik untuk Mengumpulkan sampah

Sampah yang masih berserakan di dalam kamar kost dapat kamu kumpulkan untuk kemudian dimasukkan ke dalam satu wadah plastik. Kamu dapat menggunakan tempat sampah. Setelah sampah dikumpulkan dalam satu kantong plastik kecil, kemudian dapat dibuang ke tempat sampah yang ada di kamar sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Baca Juga: Cara Anak Kost Menghemat Agar Keuangan Tetap Stabil

  1. Membersihkan bagian atas terlebih dahulu

Bagian atas lemari atau langit-langit yang menjadi tempat debu dan kotoran sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Jika bagian bawah atau lantai terlebih dulu kamu bersihkan, maka kamu bisa jadi dua kali kerja sebab kotoran yang jatuh dari bagian atas.

  1. Kumpulkan pakaian kotor dalam satu tempat

Seringkali, ketika kamu sedang terburu-buru mengganti pakaian, baju kotormu akan kamu letakkan di sembarang tempat. Walaupun ada anak kost yang terbiasa rapi dan bersih. Tidak berbeda dengan ketika mengumpulkan sampah, pakaian kotormu dapat dikumpulkan dalam satu tempat. Sebaiknya rapikan langsung dan masukkan ke dalam lemari pakaian setelah kamu cuci dan keringkan.

  1. Sesuaikan perabotan dan atur barang

Jika di dalam kamar kamu terdapat banyak barang atau perabotan, maka dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Contohnya, buku-buku kamu disusun pada suatu rak yang lebih rapi. Agar tampak sedap dilihat, barang-barangmu harus diaturlah sedemikian rupa.

  1. Pisahkan barang yang jarang dan sering dipakai

Barang-barang yang jarang kamu gunakan sebaiknya dipisahkan dengan yang sering kamu gunakan. Supaya pemandangan tidak terganggu, barang yang tidak terpakai dapat dimasukkan ke dalam kardus.

Nah, 6 tips diatas sangat praktis untuk kamu lakukan, sehingga kamar kamu menjaddi bersih dan kamu pun dapat nyaman beraktifitas di dalam kamar.