Asian female student preparing for exam late at night, coffee cups and books scattered on the floor

Kost Medan – Menjalani kehidupan sebagai anak kos memang memiliki suka dan duka. Dukanya yaitu karena harus tinggal berjauhan dari orang tua dan menjalani hidup sendiri. Menjalai hidup sendiri di luar kota juga sekaligus menjadi suka yang di alami oleh anak kos. Hidup bebas tanpa pantauan dan larangan dari orang tua memberikan kesenangan tersendiri.

Namun tahukan kamu bahwa menjalani kehidupan sebagai anak kos tidaklah semenyenangkan yang kamu bayangkan. Terkadang kamu akan di hadapi dengan teman atau tetangga kos yang membuat jengkel dan tidak nyaman. Bukan hanya itu, masih banyak masalah lainnya yang kerap di alami oleh anak kos.

Untuk kamu yang baru akan memulai kehidupan sebagai anak kos, berikut beberapa tips dalam menjalani kehidupan sebagai anak kos.

  1. Mandiri

Sebagai anak kos kamu di tuntut untuk hidup lebih mandiri. Ketika kamu memutuskan untuk hidup sebagai anak kos maka itu artinya kamu sudah mempersiapkan diri untuk hidup mandiri. Segala sesuatu aktivitas harus kamu lakukan sendiri tanpa bantuan orang tua lagi. Seperti memasak, mencuci pakaian, membersihkan kamar kos, dan kegiatan lainnya.

  1. Memikirkan Prioritas

Bukan hanya siap untuk hidup mandiri, kamu juga harus memikirkan mengenai prioritas kamu. Misalnya kamu keluar kota dan hidup sebagai anak kos tujuannya untuk apa, berkuliah mungkin. Maka kamu harus lebih memprioritaskan mengenai kuliah kamu dari pada kegiatan yang lainnya.

  1. Siap Mental

Sebagai anak kos yang tinggal jauh dari orang tua, membuat kamu harus memiliki mental yang kuat. Terlebih lagi untuk kamu yang memilih perkotaan sebagai tempat tujuanmu. Hidup di perkotaan sedikit lebih keras, jika tidak kuat mental maka kamu akan kalah dengan lingkungan yang baru.

Baca juga : Perempuan Wajib Baca! Tips Memilih Tempat Kost Yang Aman Buat Kamu

  1. Tempat Kos-kosan

Ketika kamu hendak memutuskan hidup sebagai anak kos, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat kos-kosan terlebih dahulu. Pilihlah tempat kos yang memiliki penjagaan dan lingkungan yang aman. Bila perlu, pilihlah tempat kos yang satu lingkup dengan pemilik kos. Karena kamu masih baru, mungkin sedikit banyaknya kamu masih membutuhkan bantuan orang yang lebih dewasa.

  1. Perkenalkan Diri Dengan Tetangga Kos

Mengingat kamu akan tinggal di tempat yang baru dengan orang-orang yang baru juga, maka perlu untuk kamu berkenalan dengan orang-orang di sekitar kos. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki teman mengadu bila terjadi sesuatu. Kamu bisa memulai dengan bertegur sapa dan berkenalan. Semua bisa di jadikan teman, namun sebagai anak rantau kamu juga harus pintar-pintar dalam memilih teman.

  1. Ramah

Jika di rumah kamu terkenal sebagai anak yang kurang ramah, maka kamu harus segera memperbaiki sifat tersebut bila mau menjadi anak kos. Hidup sebagai anak kos harus memiliki pribadi yang ramah dan saling membantu. Mengingat sebagai sesama anak kos mau semandiri apapun pasti kamu akan tetap membutuhkan pertolongan orang lain.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan mulai sekarang bila nanti hendak menjalani kehidupan sebagai anak kos. Kamu juga perlu mengetahui peraturan yang ada di tempat kos agar nantinya tidak ada kesalah yang tidak sengaja kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Jika anda sedang mencari rumah kost yang dapat memberikan kenyamanan, ketenangan, serta memiliki ukuran yang luas dan bersih, silahkan langsung hubungi kami di Kost Medan. Kami juga menyediakan rumah kost dengan fasilitas yang lengkap seperti TV, AC, kasur, lemari, kamar mandi dalam, tempat parkir luas, CCTV, cuci setrika pakaian, dapur dan air PDAM. Yuk langsung cek di Kost Medan.