Kost Medan – Ruangan yang pengap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Terlebih untuk anak kost, ukuran kamar yang sempit, membuat penghuninya harus bisa menyiasati agar kamar tidak pengap dan panas.

Karena seperti yang kita tau, tidak semua indekost dibangun dengan perencanaan yang baik, seperti memiliki celah ventilasi sebagai sirkulasi udara, serta memiliki jendela besar sebagai pencahayaan alami pada ruangan.

Kalau pun kamu ingin tinggal di sebuah indekost yang lebih layak, maka dapat dipastikan bahwa harga sewa kamar kost tersebut akan lebih mahal dari kamar kost biasa.

Meskipun begitu, sebenarnya ada beberapa cara mudah dan murah yang dapat dilakukan agar kamarmu tidak pengap dan terasa lebih nyaman.

Penasaran? Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini.

  1. Gunakan Exhaust Fan sebagai Ventilasi Udara

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, banyak sekali kamar kost yang dibangun tidak dilengkapi dengan jendela yang mengarah keluar.

Kalaupun ada, rata-rata jendela tersebut berada tepat di sebelah pintu kamar dan arahnya justru ke koridor bangunan kost-an, bukan keluar ruangan.

Hal ini membuat pertukaran udara yang ada di dalam kamar menjadi kurang efisien hingga terasa sesak dan pengap.

Agar kamar tidak pengap, tambahkan exhaust fan pada langit-langit kamar tersebut. Tidak perlu mahal, ada kok exhaust fan yang dijual dengan harga Rp130 ribu-an di pasaran.

Jika tidak, gunakan kipas angin dan tempatkan di dekat jendela kamar pada malam hari.

Hal ini dimaksudkan agar sirkulasi pada ruangan menjadi lebih lancar, serta membantu pergerakan udara saat sedang tidak ada angin.

  1. Pilih Perabotan Secara Tepat

Menyewa kamar kost memang berbeda dengan menyewa sebuah rumah kontrakan. Jika kamu tinggal di kamar indekost, maka yang kamu dapatkan hanya sebuah ruang tidur saja.

Namun, apabila kamu menyewa rumah kontrakan, maka yang kamu dapatkan adalah seluruh ruangan yang ada di dalam rumah tersebut.

Oleh sebab itulah, space ruangan yang ada pada kamar kost pasti lebih terbatas.

Gunakan perabotan yang simple, serta hindari penggunaan material perabotan yang bertekstur dan berpola. Pasalnya, perabotan tersebut akan memenuhi space kamar dan mempersempit ruang gerak.

Maka dari itu, agar kamar tidak pengap serta terlihat sesak, pilihlah perabotan dengan desain minimalis dan juga simpel.

  1. Kelola Barang Yang Diperlukan

Keterbatasan ruang pada kamar kost membuat orang-orang menempatkan segala perabotannya di dalam ruangan tersebut.

Padahal, semakin banyak perabotan yang kamu tumpuk di dalam kamar kostmu, maka semakin sumpek dan pengap pulalah suasana kamar itu.

Oleh karenanya, agar kamar tidak pengap dan panas, sortir barang-barang yang memang kamu butuhkan untuk ditempatkan di dalam ruang kamar.

Jika ada barang yang tidak terlalu penting, kamu bisa menitipkannya di gudang kost (jika ada), menyumbangkannya, atau bahkan menjualnya.

Lumayan kan, daripada disimpan dan berdebu, lebih baik barang tersebut kamu uangkan.

  1. Gunakan Rak Buku

Mahasiswa biasanya memiliki buku pelajaran yang banyak, bukan? Daripada kamu menumpukkannya secara tidak beraturan, lebih baik tempatkan buku-bukumu pada wall bookshelf atau rak buku dinding.

Dengan begitu, buku-bukumu tersebut tidak akan berserakan di atas lantai, serta membuat ruangan menjadi lebih rapi dan luas.

Sebab, penggunaan rak dinding berfungsi untuk memanfaatkan ruang kosong pada dinding ruangan.

Selain itu, agar kamar tidak pengap, kamu juga bisa menempatkan segala pernak-pernik lainnya pada rak dinding tersebut.

  1. Menggunakan Lampu Ber-watt Kecil

Cara berikutnya agar kamar tidak pengap dan panas adalah dengan meminimalisir penggunaan lampu pada kamar kost-an.

Penggunaan lampu yang terlalu banyak membuat ruangan terasa lebih panas, oleh sebab itu, matikan lampu pada saat siang hari.

Jika terasa gelap, bukalah pintu kamarmu selebar-lebarnya, agar cahaya dari luar dapat masuk ke dalam kamar.

Jika perlu, ganti pencahayaan kamar dengan lampu ber-watt kecil, atau dengan lampu cabai (lampu tumblr) sebagai pencahayaan pada saat malam hari.

Selain agar kamar tidak pengap dan panas, penggunaan lampu ber-watt kecil dapat menghemat penggunaan daya listrik sehari-hari. Sehingga, tagihan listrikmu akan terasa lebih murah.

Bahkan, penggunaan lampu tumblr juga dapat difungsikan sebagai dekorasi kamar yang keren, lho.

  1. Ubah Cat Dinding Kamar dengan Warna Putih dan Warna Dingin

Meskipun warna putih berpotensi lebih cepat kotor daripada warna-warna lainnya, namun penggunaan warna cat putih pada kamar yang sempit akan membuat ruangan terkesan lebih lapang dan luas.

Agar kamar tidak pengap dan terasa lebih dingin, gunakan pula kelompok warna yang dapat memberikan kesan sejuk pada ruangan, seperti hijau muda, biru muda, tosca, dan sebagainya.

Jika perlu, sesuaikan juga warna perabotan dengan warna dinding kamar. Sehingga, tidak hanya memberi kesan lebih nyaman, desain kamarmu juga akan terlihat lebih indah.

 

Demikian Tips Menata Kamar Agar Tidak Sumpek, semoga bermanfaat.