Kost Medan – Mungkin hampir semua dari kalian, anak perantauan, sering merasa rindu kampung halaman. Hal itu sangat wajar, pulang kampung adalah cara mengatasi homesick yang paling efektif.

Namun, situasi dan kondisi tidak memungkinkan kita untuk pulang kampung. Memilih tinggal di tanah rantau adalah solusi terbaik untuk mencegah penyebaran virus di kampung halaman tercinta di tengah situasi pandemi seperti ini, meski merasa homesick.

Penyebab anak rantau bisa homesick

Homesick adalah perasaan rindu yang muncul saat seseorang berada jauh dari rumah dan keluarga dalam waktu lama. Secara teknis, perasaan homesick dikenal sebagai rasa cemas terhadap perpisahan. Disebut demikian karena pindah ke tempat baru yang sama sekali asing membuat Anda mau tak mau harus melepaskan diri dari kebiasaan lama di kampung halaman. Anda juga harus bersosialisasi dengan adat istiadat, aturan, budaya, dan orang-orang baru di tanah rantau. Perubahan besar-besaran ini tak dapat dipungkiri bisa membuat psikis syok karena Anda merasa tidak familier. Tidak jarang Anda malah merasa tidak betah dan jenuh sehingga ingin pulang ke rumah untuk merasakan kembali sensasi nyaman dan menggembirakan seperti dulu. Perasaan homesick pada tingkatan yang lebih parah juga bisa dikategorikan sebagai gangguan penyesuaian diri yang dikombinasikan dengan stres dan gangguan kecemasan.

 

Tips Mengatasi Homesick

Untuk kamu yang sudah sangat merindukan suasana rumah. Berikut ada beberapa tips yang bisa mengurangi rasa rindu kamu.

1. Curhat ke teman sesama perantau

Anda tidak sendirian di tanah rantau ini. Banyak orang di luar sana yang juga merindukan rumah mereka. Cobalah berbagi pengalaman dan bertukar cerita dengan sesama anak rantau. Dengan curhat, Anda bisa saling bernostalgia mengingat masa-masa menyenangkan di kampung halaman. Ungkapkan juga kesulitan atau halangan-halangan yang Anda alami selama di tanah rantau ini agar batin menjadi lebih lega. Mungkin dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan solusinya dari yang sudah pernah mengalami.

 

  1. Sering Menghubungi Keluarga di Rumah

Usahakan meluangkan waktu untuk rutin menghubungi orang-orang rumah di kampung halaman sesibukan apapun kamu. Sebisa mungkin hubungi mereka setiap hari seperti lewat telepon atau hanya sekedar mengirim pesan singkat untuk bertukar kabar.

 

  1. Lakukan Berbagai Aktivitas Baru

Anda bisa mengurangi rasa homesick dengan meluangkan waktu dengan melakukan aktivitas-aktivitas baru. Lakukanlah hal-hal menyenangkan dan kegiatan positif lain di samping kesibukan harian Anda di tanah rantau.Beberapa ide aktivitas untuk mengendalikan perasaan homesick .

 

  1. Bawa Barang Khas dari Rumah

Bawalah barang-barang khas rumah seperti guling, boneka atau foto keluarga. Membawa barang-barang tersebut dapat membantu mengobati rasa kangen rumah dan keluarga terkasih.

 

  1. Masak Makanan Khas Rumah

Terkadang yang kita dirindukan dari rantauan adalah masakan buatan rumah. Kita rindu makanan buatan ibu yang dibuat dengan cinta. Kamu bisa mencoba memasak makanan khas rumah untuk mengobati sedikit rasa rindu mu.

 

  1. Merawat Hewan Peliharaan

Menurut ahli, memiliki hewan peliharaan adalah cara mengatasi perasaan homesick yang baik dan membantu mengusir rasa kesepian serta kangen rumah yang mendera.Tak hanya mengikis homesick, merawat hewan peliharaan juga membantu mengendalikan gejala depresi, rasa cemas, dan stres.

 

Meskipun kamu sering merindukan kampung halaman, jangan menolak perasaan tersebut yang muncul dalam diri Anda. Jika homesick sudah sangat berat, berkonsultasi dengan psikolog sangat dianjurkan. Anda juga harus segera berkonsultasi apabila tak mampu menyelesaikan tugas kuliah, kewajiban kantor, dan aktivitas sehari-hari, karena homesick yang dialami.