Kost Medan – Menjadi anak kost yang jauh dari rumah, apalagi jauh banget, sehingga memaksa kamu lama tak berjumpa dengan orangtua atau keluarga, pasti akan membuat kamu merasakan yang namanya homesick. Hal ini adalah wajar jika kamu mengalaminya, yaitu secara tiba-tiba merasa homesick. Mengakui kalau kamu rindu rumah, kangen pulang kampong bukanlah hal yang memalukan. Apalagi kamu memang masih baru menjadi anak rantau. Jika kamu mengalami homesick, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya.

  1. Mencari Kesibukan

Homesick dapat diatasi dengan menyibukkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan. Seperti mengikuti suatu komunitas atau terlibat salam unit kegiatan mahasiswa di kampus. Salah satu cara efektif untuk mengatasi rasa kangen kamu dengan rumah adalah dengan melakukan kegiatan yang positif. Selain bisa mengusir rasa kesepianmu tinggal sendirian, kamu juga jadi bisa aktif di kampus atau di komunitas.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Anak Kost Yang Harus Dibiasakan Sejak Muda

  1. Hangout Bareng Teman

rasa homesick yang kamu rasakan juga bisa diatasi dengan hangout bareng teman-temanmu. Ada banyak hal menyenangkan yang dapat kamu lakukan bersama ketika berkumpul bersama teman. Jalan-jalan keluar bersama teman-teman juga penting. Dengan begitu, kamu dapat bercanda dan tertawa lepas bersama teman untuk mengusir rasa kesepian dan bosanmu.

  1. Telponan Dengan Orang Tua

Saat ini kamu tidak hanya dapat telponan dengan orangtuamu, karena kamu juga dapat video call dengan mereka dan bisa memandang wajah mereka meskipun hanya dari layar smartphone. Paling tidak, rasa kangenmu terhadap orang tuamu sudah berkurang dengan saling memberi kabar satu sama lain. Akan tetapi, meskipun komunikasi dengan orang tua itu penting, kamu harus mencoba membatasi intensitas waktu meneleponnya, karena selain bisa melatih kamu menjadi mandiri, ini juga dapat membantumu hidup hemat.

  1. Ingat Lagi Tujuan Awal Merantau

Biasanya, ketika homesick melanda, apalagi benar-benar udah nggak bisa ditahan lagi, pasti kamu akan berpikir untuk kembali ke kampung halaman saja. Tentu ini bukanlah pilihat yang baik. Ingatlah kembali tujuan awal kamu merantau, kuatkan hati dan pikiranmu bahwa kamu mesti berhasil meraih cita-citamu di tempat perantauanmu saat ini. Ingat-ingat juga tujuanmu untuk membanggakan orang-orang di kampung halamanmu terutama orangtuamu. Cobalah fokus dengan kuliahmu dan melakukannya dengan maksimal, ini akan mengurangi sedikit rasa kangen kamu dengan rumah.

  1. Berbagi Cerita Sesama Anak Rantau

Kalau rasa kangen kamu dengan rumah begitu kuat, tidak perlu malu untuk menangis. Kamu boleh saja menangis sampai kamu merasa tenang dan lega. Tidak ada yang salah jika kamu nangis, sebab kamu memang butuh waktu beradaptasi untuk hidup mandiri. Cara lainnya, kamu bisa saling berbagi pengalaman ke teman sesama anak rantau dan curhat keluh-kesahmu. Curhat dengan teman sesama anak rantau akan membuat kamu tidak merasa sendiri, karena kalian bisa mengerti perasaan dan kondisi satu sama lainnya.