Kost Medan – Tahukah kamu, nasi goreng kesukaan kamu boleh jadi menjadi salah satu makanan yang praktis dibuat di rumah kost. Nasi sisa yang tidak habis dimakan bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama ditambah bahan lainnya yang juga tidak terlalu sulit untuk didapat. Nah, berikut ini dipaparkan beberapa tips untuk membuat nasi goreng sehat bagi anak kost:

  1. Menggunakan Minyak Sehat

Minyak zaitun atau canola dapat digunakan sebagai alternative yang lebih sehat dari pada menggunakan mentega atau minyak goreng biasa. Akan tetapi, titik didihnya perlu juga diperhatikan supaya hasil masakan tidak salah. Minyak goreng sebagai bahan yang cukup penting dalam menggoreng nasi yang sehat, harus menggunakan minyak yang sehat pula.

Baca Juga: Ingin Diet Sehat Walau Tinggal di Kost? Ini Tipsnya!

  1. Menambahkan Sayuran

Beberapa jenis sayuran dapat ditambahkan untuk melengkapi nasi goreng sehat ala anak kost. Sayur yang sesuai untuk dipadukan dengan nasi goreng diantaranya yaitu wortel, sawi, kacang polong, dan lain-lain. Sayuran seperti wortel bisa diiris tipis-tipis terlebih dahulu dan dimatangkan sebelum memasukkan nasi. Sayuran dikenal memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Adanya tambahan sayuran dalam nasi goreng ini berarti menambahkan serat dalam masakan.

  1. Menambahkan Protein

Untuk bisa menambah gizi pada sepiring nasi goring, sebutir telur bisa menjadi sumber protein. Telur ayam atau daging dapat ditambahkan dan lebih baik daripada daging olahan seperti sosis atau kornet. Daging olahan memiliki kandungan tambahan yang cenderung kurang baik bagi kesehatan tubuh. Bagi mahasiswa, telur bisa jadi pilihan yang sehat dan murah. Telur dapat dicampurkan dalam nasi goreng atau dapat dimasak dengan terpisah. Protein yang ada juga dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan hanya karbohidrat saja.

Itu beberapa tips untuk memasak nasi goreng sehat sendiri. Selain nasi goreng sehat, masakan lainnya juga bisa dibuat menjadi sehat oleh anak kost seperti membuat mie goreng sendiri. Tidak perlu mahal dan sulit untuk mengkonsumsi makanan sehat, sebab terdapat banyak jenis makanan sehat yang dapat diolah sendiri.