Kost Medan – Lebaran menjadi momen yang biasanya penuh dengan kehangatan dan kebersamaan di tengah keluarga. Biasa saat sebelum lebaran kita sibuk untuk menyiapkan berbagai hal seperti melengkapi pernak-pernik, mengecat rumah, sampai membuat kue. Saat Lebaran semua sanak keluarga berkumpul untuk merayakan Lebaran bersama-sama. Namun berbeda halnya bagi kita yang nge-kost di perantauan yang jauh dari keluarga. Tradisi-tradisi yang biasa dijalankan bersama keluarga seperti makan ketupat bareng pun terpaksa harus ditunda. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa selama lebaran di kost-an dan membuat kita bersedih hati.

 

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam mengisi waktu sebelum dan saat lebaran di kost-an.

  1. Memasak menu khas Lebaran. Saat lebaran, tentunya makanan yang dimasak oleh ibu menjadi hal yang paling kita nantikan, seperti ketupat, opor hingga rendang. Jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan serta resep untuk membuat masakan yang kita inginkan, bisa dengan bertanya langsung dengan ibu atau searching di peramban. Untuk mengatasi kerinduan kita akan rasa dari masakan tersebut, kita dapat memasaknya sendiri di kost-an walaupun soal rasa pastinya cukup jauh dari masakan rumah.
  2. Membersihkan Kamar. Bagi kalian yang selalu sibuk dengan hiruk-pikuk kegiatan perkuliahan, mulai dari kegiatan organisasi, UKM ( Usaha Kegiatan Mahasiswa ), berjualan, kerja part time, sampai sibuknya dalam Menyusun Laporan Praktikum (Laprak), mungkin waktu ini adalah waktu yang paling tepat untuk membersihkan kamar. Mungkin saja dengan menata baju di almari, menata rak buku yang penuh debu, atau bahkan mencuci bajumu yang menumpuk setelah beberapa hari tak kunjung dicuci. Bisa juga kita mengecat kamar kos untuk mengubah suasana yang lebih menyenangkan, dengan syarat bila diberi izin oleh bapak atau ibu kos nya.
  3. Berusaha agar tetap hadir saat Lebaran di rumah meskipun tidak secara fisik, misalnya dengan media video call. Walaupun kehadiran fisik kita tidak tampak di kampung halaman, namun setidaknya dengan video call, rasa rindu tadi setidaknya cukup terobati. Jarak bukan menjadi sebuah halangan untuk tetap memperlihatkan kepeduliannya terhadap sesama. Jarak bukan pemutus kita dalam berhubungan, apalagi zaman sekarang untuk masalah komunikasi bisa dikatakan sudah cukup mudah dibandingkan dengan zaman orangtua kita dahulu.
  4. Membuat photoshoot edisi Lebaran. Kita bisa juga mengajak teman-teman se-kost yang tidak berlebaran di kampung halamannya untuk membuat foto kenang-kenangan saat lebaran, hitung-hitung menggantikan sesi foto bersama keluarga saat di kampung halaman. Mulai dari pose normal, foto KTP, sampai pose foto anak hits zaman now. Kita juga bisa patungan rame-rame, dari beli lampu buat foto sampai background fotonya, silahkan saja.
  5. Saling memberikan THR ( Tunjangan Hari Raya ) kepada sesama penghuni kost. Memang hal ini cukup absurd untuk dilakukan. Mungkin didalam benak kita bertanya-tanya untuk apa ini dilakukan. Tapi percaya, saling memberi membuat kita senang. Dan juga dengan saling memberikan THR menunjukkan kepedulian kita terhadap sesama. Tapi perlu diingat, bila kemampuan finansial kita mendukung, ya. Jangan memaksakan untuk memberi bila untuk makan 3 hari kedepan berada di ujung tanduk.
  6. Liburan yang panjang tentu tidak akan lengkap jika dilalui tanpa sejumlah agenda rekreasi, walaupun tidak pulang ke kampung halaman. Rekreasi menjadi salah satu hal yang paling ditunggu. Kita dapat bepergian bersama dengan penghuni kost yang juga berkumpul bersama. Momen berharga yang jarang bisa terjadi, karena itu sangat penting untuk melewatkannya dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, salah satunya dengan rekreasi.

 

Demikian beberapa tips mengisi berlebaran di kost-an. Semoga lebaran selanjutnya kamu dapat merayakannya di kampung halaman ya.