Kost Medan – Ketika kita diharuskan merantau dan tinggal jauh dari orang tua ada plus minus yang akan kita hadapi. Apalagi untuk kalian yang biasa dengan fasilitas yang diberikan oleh orang tua. Kita sebagai anak kost dituntut untuk bisa mandiri, bijaksana dan selalu menjaga diri. Sebagai anak kost, kita juga harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Kanu harus berhemat hingga datangnya kiriman orang tua.

Oh ya, kamu gak usah kalau disuruh berhemat. Nggak sampai bikin kamu tersiksa di rantau. Berikut tips berhemat untuk anak kost.

Cari tempat kost yang strategis
Lokasi tempat kost dapat mempengaruhi pengeluaranmu. Lho, kok bisa? Ya bisalah, karena semakin jauh tempat kost dari kampus atau kantor, maka kamu membutuhkan biaya tambahan untuk ongkos. Jadi, carilah tempat kost yang strategis atau dekat dengan kampus atau kantor.

Mencatat semua keperluan
Sebelum kamu mengambil uang di ATM, ada baiknya kamu telah membuat catatan list keperluan apa saja yang harus dibeli selama sebulan disebuah notes, list ini berguna agar kamu tahu perkiraan pengeluaran selama ngekost. Kamu harus bertekad untuk berbelanja yang sudah sesuai dengan catatan yang kamu buat, agar nantinya kamu tidak berbelanja barang yang tidak dibutuhkan.

Masak sendiri
Anak kost itu harus bisa masak. Memang lebih praktis tapi dengan kamu masak sendiri, kamu jadi bisa menghemat uang, dan lebih terjamin kebersihannya. Setidaknya kamu bisa masak nasi sama air dulu deh, jadi kamu tinggal beli lauk di warung, dan tidak harus mengeluarkan uang lagi buat beli nasi sama air mineral.

Nyuci dan nyetrika baju sendiri
Jadi anak kost itu engga, boleh manja dan males! Kalo kamu dikit-dikit jajan, terus laundry baju, maka uang bulanan yang dikasih orang tua bakal cepat abis dalam sekejap.

Cari free Wi-Fi
Sekarang itu Wi-Fi sudah jadi kebutuhan primer bagi kehidupan anak kost. Maka dari itu, usahakan cari kostan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi, jadi kamu bisa hemat kuota bulanan. Kalau kost kamu tidak menyediakan Wi-Fi, kamu bisa mencari temen yang kost-nya menyediakan Wi-Fi.

Menumpang Kendaraan Teman
Untuk anak kost yang tidak punya kendaraan pribadi dan kosannya jauh dari kampus atau kantor. Mungkin kamu bisa cari orang yang sekampus atau searah biar bisa ditebengin buat berangkat ke kampus atau kantor, dan buat kalian yang mager buat naik transportasi umum atau bagi yang kosannya deket tapi mager buat jalan kaki.

Mengurangi Kebiasaan Shopping

Bagi anak kost, waktu awal bulan itu adalah waktu yang paling ditunggu, karena kamu dapet kiriman dari orangtua. Eits, tunggu dulu jangan langsung dihabiskan. Tahan dirimu biar enggak belanja di mall, maupun di Instagram atau website online shop lainnya buat beli barang-barang yang kurang urgent dan kurang perlu untuk saat ini.

Tidak merokok
Untuk kalian para perokok aktif, segera berhenti deh ya. Lho, emang kenapa dengan rokok? Karena rokok itu berbahaya untuk kesehatan, lagian kan disetiap bungkus rokok ada peringatannya «Rokok dapat membunuhmu».
Buat kamu yang hobi merokok berhentilah segera atau minimal kurangi sedikit demi sedikit rokoknya.

Part time
Dengan kalian part time, kalian bisa mendapat uang tambahan untuk ditabung atau sebagai tambahan untuk travelling. Sekali lagi, bagi kalian yang ingin part time, carilah pekerjaan yang tidak mengganggu waktu kuliah kalian ya.

 

Demikian sedikit tips berhemat untuk anak kost. Pandai-pandailah kalian di perantauan. Belajarlah menjadi anak yang lebih mandiri lagi. Salam hangat dari anak perantauan!