Info Sewa Rumah Kos Kosan Medan Murah Kalau kamu baru merantau ke Medan, jauh dari orangtua, apakah itu untuk bekerja ataupun kuliah, kamu bisa memilih tinggal di tempat kost. Tentu kamu sebaiknya memilih tempat kost yang nyaman, tenang, bersih dan luas. Nah, jika kamu baru saja mulai ngekost, berikut ini tips bagi kamu agar kamu bisa cepat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tempat kost kamu beserta warga kost nya.

  1. Bersikap Ramah

Teman-teman baru di kost baru kamu nantinya akan menjadi orang yang paling dekat dengan Kamu selama merantau. Berusahalah untuk selalu tersenyum dan menyapa ketika bertemu pemilik kos maupun teman kos. Apalagi jika kamu adalah seorang mahasiswa baru, otomatis kamu menjadi orang baru di kost. Penting sekali untuk Kamu dalam bersikap yang ramah. Jika Kamu bersikap acuh kepada penghuni kost lainnya, maka merekapun juga akan bersikap tidak peduli.

Baca Juga: Tips Untuk Calon Mahasiswa yang Akan Tinggal NgeKost di Medan

Nantinya Kamu sendiri yang akan rugi. Yaitu ketika kamu membutuhkan suatu pertolongan atau ketika mengalami suatu masalah, maka Kamu tidak dapat meminta pertolongan mereka. Oleh karena itu, biasakanlah senyum, sapa, dan salam. Jika kamu membiasakan tigal hal ini, maka pergaulan kamu di kost akan lebih nyaman, terutama dengan teman yang memiliki kamar berdekatan dengan Kamu.

  1. Kenali Kebiasaan serta Peraturan yang terdapat di Kost

Tips selanjutnya untuk beradaptasi di kost yang baru adalah kamu sebaiknya sesegera mungkin mengetahui terkait peraturan dan kebiasaan yang ada di kost. Kamu dapat mengetahuinya dengan bertanya kepada teman kost yang kamarnya berdekatan dengan kamu. Jika kamu sudah mengenal dan cukup dekat dengan penghuni kos lama, maka kamu bisa bertanya tentang peraturan yang ada di kos dan apa saja kebiasaan yang selama ini dijalani di kos. Umumnya, anak anak kos mempunyai peraturan tersendiri. Maka, sebagai anak kos baru, kamu pun sebaiknya dapat mengikuti semua kebiasaan dan juga peraturan yang ada di dalam kos tersebut. tentu hal tersebut memiliki nilai yang positif, sehingga perlu untuk dilakukan. Hal ini juga akan membuat kamu menjadi lebih dekat dengan anak kos lama. Apabila kamu sudah dekat, maka kamu juga bisa untuk bertanya seputar hal kampus, seperti tes wawancara mahasiswa baru untuk persiapan.

  1. Jagalah dan Rawat Fasilitas Bersama

Poin satu ini juga merupakan hal yang penting. Umumnya, ketika kamu berada di kos maka akan terdapat peralatan ataupun fasilitas yang dipakai secara bersama. Sebut saja seperti kamar mandi, peralatan untuk memasak, peralatan untuk mencuci dan lain sebagainya. Untuk itu, apabila kamu tidak ingin menimbulkan konflik dengan penghuni kos yang lama, kamu pun bisa ikut menjaga agar lingkungan maupun fasilitas di kos tetap baik.

Misalnya, ketika kamu selesai memasak di dapur bersama, maka kamu juga perlu untuk segera mencuci dan membersihkannya. Hindari cucian yang menumpuk karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dari penghuni lain. Tidak hanya itu, saat kamu mencucinya tepat waktu setelah digunakan bisa membuat teman lainnya dapat segera menggunakannya kembali.

  1. Saling Membantu antara Warga Kost

Ketika menjadi mahasiswa baru atau karyawan baru, kamu juga akan menjadi penghuni baru di kos. Oleh karena itu, kamu sebaiknya dapat hidup bermasyarakat di lingkungan yang baru. Salah satu hal mudah untuk beradaptasi adalah dengan membantu penghuni kos lain ketika membutuhkan bantuan. Kamu bisa membantunya sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Sehingga, jangan berpura pura bisa apabila memang kamu tidak bisa. Hal ini dikarenakan nantinya akan menyusahkan dirimu sendiri. Jika kamu memang tidak bisa membantu, maka kamu  pun bisa mengatakannya dengan bahasa dan tutur kata yang baik. Dengan begitu, teman tersebut menjadi tidak tersinggung dan dapat mengerti alasan mengapa kamu tidak bisa untuk membantunya.

Beberapa tips adaptasi di lingkungan kos yang baru tentunya bisa mulai kamu praktekkan. Intinya, kamu harus bisa bersikap baik dan ramah kepada setiap penghuni kos. Dengan begitu, kamu akan bisa untuk menjalin hubungan yang baik dengan semua penghuni yang ada di kost. Hal ini dikarenakan mereka adalah keluarga pertama yang kamu miliki selama berada di perantauan.