Info Kost Medan – Rayap adalah sejenis serangga pemakan kayu. Rayap terkenal sebagai serangga yang ganas karena mampu merusak bangunan rumah dan furnitur rumah yang berbahan dasar kayu. Rayap tidak pernah berhenti makan dan selalu menimbulkan kerusakan pada rumah. Tidak jarang rumah kos-kosan juga menjadi tempat bersarangnya hama rayap.

Kondisi rumah kos yang sumpek dan banyaknya barang-barang tertumpuk yang di miliki anak kos, membuat rayap menjadi mudah berkambang biak.

Rayap biasa hidup didalam tanah dan memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil. Dengan ukuran tubuh yang sangat kecil membuat rayap mudah masuk kedalam rumah kosan melalui celah-celah tersembunyi dari dalam tanah.

Agar rumah kosan tempat kamu tinggal terhindar dari hama rayap, maka perlu di perhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Menutup Retakan Pada Dinding

Memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, membuat rayap mudah masuk kedalam rumah kos melalui celah-celah pada dinding. Untuk menghindari agar rayap tidak masuk kedalam rumah kos maka perhatikan setiap bagian dinding dan lantai, bila di temui adanya retakan pada dinding maupun lantai maka segera untuk menutup retakan tersebut. Dengan begitu maka rayap tidak bisa masuk kedalam rumah kosmu.

  1. Melindungi Kayu

Untuk menghindari kerusakan yang di sebabkan oleh rayap maka perabotan yang terbuat dari bahan kayu seperti meja, lemari, tempat tidur harus di beri perlindungan khusus. Kamu bisa mengatasinya dengan sesekali menjemur perabotan tersebut pada ruangan terbuka dan terkena cahaya matahari. Hal tersebut di lakukan agar perabotan dari kayu tidak lembab dan tetap dalam keadaan kering sehingga tidak misa di gerogoti oleh rayap. Penambahan lapisan khusus anti rayap juga bisa menjadi solusinya. Selain itu hindari penempatan perabotan berbahan kayu kontak langsung dengan tanah atau bagian yang cenderung basah dan lembab.

Baca juga : Gak Perlu Lama, Cara Cepat Dan Jitu Membersihkan Area Dapur Kost

  1. Hindari Genangan Air

Karena rayap dapat berkembang biak pada kondisi tanah yang cenderung basah dan lembab, maka hindari genangan air pada sekitaran rumah kos. Segera tutup genangan air agar tidak membuat tanah menjadi semakin basah dan lembab. Untuk penutupannya jangan hanya pada bagian yang tergenang air saja, area sekitaran tempat air tergenang juga perlu di tutup. Hal tersebut karena bisa saja rayap tidak berada tepat di bawah genangan air melainkan di area yang sekitarnya.

  1. Membersihkan Rak Buku

Seperti yang kita tahu bahwa buku terbuat dari serat kayu yang telah di olah. Rayap sebagai pemakan kayu maka tak heran juga lembaran kertas pada buku juga merupakan makanan kesukaan rayap. Untuk menghindari agar koleksi buku-buku kamu tetap bagus dan tidak koyak, maka kamu haruslah rutin membersihkan tempat-tempat penyimpanan buku seperti rak atau lemari buku. Jika sudah terlihat tanda-tanda kehidupan rayap pada rak buku, maka sebaiknya segera mengganti rak buku yang ada dengan yang baru.

  1. Perbaiki Ventilasi

Udara yang lembab dapat membuat rayap semakin berkembang biak. Agar rumah kos terhindar dari serangan rayap maka perhatikan ventilasi udara pada rumah. Buat sirkulasi udara selancar mungkin dan sediakan jendela maupun ventilasi untuk masuknya sinar matahari. Dengan begitu rayap akan enggan menghampiri rumah kos kamu.

Jika anda sedang mencari rumah kost yang dapat memberikan kenyamanan, ketenangan, serta memiliki ukuran yang luas dan bersih, silahkan langsung hubungi kami di Info Kost Medan. Kami juga menyediakan rumah kost dengan fasilitas yang lengkap seperti TV, AC, kasur, lemari, kamar mandi dalam, tempat parkir luas, CCTV, cuci setrika pakaian, dapur dan air PDAM. Yuk langsung cek di Info Kost Medan.