10 Tips Memilih Kos-kosan yang Layak Bagi Mahasiswa Baru 2021

Sadar atau tidak mencari tempat tinggal sementara atau indekos adalah kebutuhan bagi mahasiswa pada umumnya. Terutama mahasiswa baru angkatan 2021.

Memilih tempat tinggal tentunya membutuhkan pertimbangan agar mendapatkan kos sesuai dengan keinginan. Namun terkadang banyak kendala yang dijumpai saat proses pencarian, seperti keterbatasan waktu dalam mencari kos, selain itu kos yang sudah penuh, kos tidak sesuai keinginan dan banyak pertimbangan lain sehingga sulit mencari kos sesuai dengan kriteria

Nah, kamu yang yang baru saja menyandang status mahasiswa baru Unhas 2021 tidak perlu khawatir, artikel ini akan memberikan 10 tips memilih kos-kosan yang layak dan nyaman khusus untuk mahasiswa. Yuk disimak!

  1. Cek Kondisi Keamanan

Langkah awal memilih kos adalah mencari tahu terlebih dahulu tingkat keamanan lingkungan kos yang kamu inginkan. Mencari tahu apakah lingkungan tersebut aman dari pencuri, Difasilitasi dengan pagar yang aman adalah hal yang menjadi poin penting yang perlu kamu ketahui.

Keamanan dan kenyamanan sangat penting sebab aktifitas mahasiswa lebih banyak dilakukan di kampus dan di kos. Kos yang aman tidak menimbulkan rasa khawatir terhadap barang penting jika kamu sedang tidak di kos. Apalagi jika kamu adalah seorang wanita, maka sangat penting mencari kos dengan tingkat keamanan ekstra. Suasana aman dan nyaman di kos membuat kamu lebih fokus dalam mengerjakan tugas dan beristirahat secara berkualitas tanpa adanya ancaman.

Jika lingkungan tersebut tidak aman, sebaiknya kamu mempertimbangkan kembali sebelum mengambil keputusan.

  1. Sesuaikan Budget

Selain keamanan saat memilih kos, tidak kalah penting yaitu memperhitungkan budget. Kamu perlu mempersiapkan budget sebelum mencari kos agar kamu dapat memastikan harga sewa kos yang kamu pilih sesuai dengan budget. Jangan memilih kos yang melebihi budget karena akan menyulitkan kamu nantinya dalam hal keuangan.

Jika kamu ingin kos dengan fasilitas lengkap aman dan nyaman, tentunya harus mempersiapkan budget yang tinggi pula. Namun jika kamu ingin harga kos yang murah, tentu memiliki beberapa risiko. Seperti tidak memiliki fasilitas AC dan internet.

 

Kamu jangan khawatir dulu, karena di area Unhas, kamu bisa menemukan kos dengan harga mahasiswa dan sudah pasti dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

  1. Ukuran Kos

Sebelum memutuskan kos mana yang akan kamu pilih, maka tentukan pula ukuran kos yang kamu inginkan. Luas kos mempengaruhi harga, jadi pikirkan secara baik seberapa luas kamar  yang kamu butuhkan.

Jika kamu jenis mahasiswa yang mempunyai aktivitas padat di kampus, sebaiknya tidak perlu memilih kamar yang berukuran luas, cukup sebagai tempat istirahat dan menyimpan perlengkapan kuliah. Ini akan membantu kamu dalam menghemat budget.

  1. Fasilitas Internet

Fasilitas internet bagi mahasiswa sangatlah penting. Kos yang dilengkapi dengan akses internet (Wi-Fi) sangat membantu kamu dalam mengakses pembelajaran dan mencari informasi dalam memperluas pengetahuan yang didapatkan dalam kelas perkuliahan.

Akan tetapi, biaya kos yang sudah termasuk jaringan internet membuat kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra demi mendapatkan akses internet.

Jika kos yang kamu pilih tidak memiliki akses internet, kamu dapat memasangnya sendiri atau menggunakan kartu internet, kamu juga bisa mencari tempat dengan akses internet gratis. Contohnya ke kampus yang memiliki akses Wi-Fi gratis.

  1. Kamar Mandi dan Air Bersih

Hal yang selalu menjadi pertimbangan adalah kamar mandi. Biasanya kos menyediakan kamar mandi dalam dan kamar mandi luar. Siapapun kamu pasti lebih memilih kamar mandi dalam, namun kamar mandi dalam biasanya lebih mahal.

Jika kamu memilih kamar mandi dalam, kamu tidak perlu antri dan bebas menggunakannya kapanpun, begitu sebaliknya jika memilih kamar mandi luar kamu perlu antri dan mendapat jadwal membersihkan kamar mandi.

Sangat penting juga memperhatikan hal-hal yang membahayakan seperti kamar mandi yang tidak memiliki kunci,  memiliki lubang yang memungkinkan orang melihat ke dalam kamar mandi dan lain-lain.

Tidak kalah penting adalah perhatikan kebersihan baik WC dalam maupun WC luar. Dapat dilihat pada dinding, lantai, sumber air dan pembuangan yang tidak tersumbat. Pastikan airnya bersih, tidak berwarna dan tidak berbau.

Disarankan memilih kos dengan kamar mandi dalam agar lebih aman dan tidak berebut kamar mandi.

  1. Jarak dengan Kampus

Bagi kamu mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan, jarak kos dari kampus menjadi pertimbangan utama. Bisa dibayangkan jika kamu memilih kos dengan jarak dari kampus yang lumayan jauh, maka kamu perlu menggunakan angkutan umum atau jasa ojek online. Tentu hal ini sangat tidak efektif karena kamu perlu mengeluarkan biaya lagi.

Selain itu kos yang dekat dengan kampus dapat meminimalisir keterlambatan, kamu tidak perlu menunggu angkutan ataupun jemputan.  Sebagai mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan di kampus, juga memudahkan kamu pulang pergi ke kampus dengan lokasi kos yang dekat.

  1. Dapur

Siapa sih yang tidak membutuhkan dapur? Pemilihan tempat kos yang memiliki dapur memudahkan memenuhi kebutuhan kamu jika sedang lapar. Dapur sangat bermanfaat bagi kamu yang suka memasak, seperti memasak air, mie dan lain-lain. Memasak nyatanya dapat menghemat biaya hidup kamu loh, selain itu lebih sehat dan bersih dibandingkan makanan cepat saji yang tidak terjamin kebersihannya.

Jadi bagi kamu yang berkomitmen untuk memasak pastikan kos yang kamu pilih memiliki fasilitas dan keperluan alat dapur. Untuk mengeceknya kamu dapat menanyakan langsung kepada pemilik kos.

  1. Lingkungan dan Teman Kos

Memperhatikan lingkungan kos adalah langkah yang tepat dalam memilih kos. Lingkungan membuat kamu mendapatkan suasana tenang, tentram dan nyaman saat kamu beristirahat dari aktifitas kuliah yang melelahkan.

Untuk itu jangan sampai kamu memilih kos tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Bisa dibayangkan jika kos kamu berdekatan dengan pasar atau pabrik, maka hal itu dapat mengganggu fokus kamu jika sedang belajar atau beristirahat.

Lingkungan teman kos juga patut menjadi pertimbangan. Usahakan teman kos adalah sesama mahasiswa jadi bisa bertukar pikiran dan berbagi informasi pelajaran. Jadi pastikan mengecek lingkungan kos kamu dengan baik yah.

  1. Kebersihan Kos

Kebersihan adalah hal yang sangat berpengaruh untuk mendapatkan kenyamanan. Tentu semua orang menyukai kebersihan dalam kondisi apapun, termasuk kebersihan kos.

Jangan sampai kamu memilih kos yang kotor dan kumuh karena hal ini menandakan bahwa kos tersebut tidak layak huni.

Sangat penting memperhatikan kebersihan, karena tempat itulah yang nantinya akan menjadi tempat tinggal kamu. Belum lagi jika ada teman atau keluarga yang berkunjung, tentu kamu akan merasa malu jika kos kamu terlihat kotor dan berantakan.

Perlu diketahui bahwa tempat yang kotor menjadi penyebab bersarangnya kuman dan menimbulkan berbagai macam penyakit.  Tentu hal ini tidaklah kamu inginkan bukan?

Maka perhatikanlah kos yang bersih karena akan memberikan kamu kenyamanan dan semangat dalam beraktivitas.

  1. Pilih Tipe Kos

Tipe kos  terbagi tiga yaitu kos campuran yang diisi oleh laki-laki dan perempuan, kos khusus putra dan kos khusus putri.Memilih tipe kos harus menjadi kontrol bagi kamu yang ingin ngekos.

Hal yang sering menjadi pertimbangan adalah kos campuran, namun semua tergantung pilihan dan kenyamanan masing-masing. Ada baiknya kamu mendiskusikan hal ini kepada orang tua atau keluarga sebelum mengambil keputusan.

Nah, jika tidak ingin salah dalam memilih indekos pastikan kamu simak 10 tips di atas dengan baik yah. (M214/Wid)

Sumbet:

10 Tips Memilih Kos-kosan yang Layak Bagi Mahasiswa Baru 2021 Unhas