Info Sewa Rumah Kos Kosan Medan Murah Banyak suka duka yang akan dialami para pejuang perantauan yang tinggal di rumah kost. Rasa sukanya memang membuat kita betah menjadi anak kost, mulai dari teman-teman kost yang kece badai, sampai kamar yang selalu setia menerima apa adanya apapun desain kreativitas kita yang ala kadarnya. Namun dukanya akan tetap ada, yang akan menjadi tantangan bagi Kamu jika Kamu tinggal di rumah kost. Nah, apa saja tantangan seorang anak kost?

Baca Juga: Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost Medan

  1. Rindu rumah dan kampung halaman

Hmmmm, rindu itu memang berat, kata Dilan. Derita yang dihasilkan dari rasa kangen rumah, cepat atau lambat akan menghampiri Kamu yang jauh dari rumah orangtua. Mulai dari rasa kangen dengan masakan ibu, bahkan boleh jadi Kamu akan merindukan omelan beliau yang lebih panjang dari kuliah umum di kampus. Ketika tinggal di kost, kamu akan kangen saudaramu yang suka mengusili kamu, dan juga kangen nasehat Bapak saat makan malam bareng waktu di rumah dulu.

  1. Melakukan Semua Pekerjaan Sendiri

Sebagai anak kost, Kamu juga akan mulai menyadari bahwa dulu ketika masih tinggal bersama ibu, justru Ibu lah yang lebih banyak mengerjakan dan menyediakan keperluan kamu di rumah. Karena ketika sekarang di kost, kamu harus melakukannya sendiri, mulai dari mencuci baju, merapikan kamar, membersihkan kamar mandi dan memasak makanan sendiri.

  1. Tidak ada yang memperhatikan ketika sakit

Namanya juga anak kost, mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, bahkan kalua sakit, Kamu harus bisa mengurus diri Kamu sendiri. Sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa anak kost itu tidak boleh sakit. Karena ketika sakit, tidak ada yang akan memperhatikan Kamu. Kamu sendiri yang harus pergi ke dokter, atau membeli sendiri obat di apotek dekan rumah kost. Jika tidak terlalu lemas, kamu bisa memasak bubur hangat untukmu sendiri, sambal mengenang sewaktu dulu ibu mengurus kamu saat sakit. Kalau sekarang, Ibu hanya bisa menelefon Kamu untuk mengingatkan Kamu minum obat.

  1. Antre kamar mandi

Ini khusus bagi anak kost yang kamar mandinya dipakai bersama oleh semua penghuni rumah kost. Jika kamu tinggal di kost yang memiliki kamar mandi di dalam kamar kost, beruntunglah kamu karena kamu tidak akan direpotkan dengan antre kamar mandi setiap pagi. Namun bila kostmu tidak dilengkapi dengan kamar mandi dalam, kamu diharuskan bangun lebih pagi agar bisa antre kamar mandi. Lebih parah lagi jika Kamu ada kuliah pagi dan ada pula teman kost yang mandi sangat lama.

  1. Tetangga yang Berisik

Selain memiliki kepribadian yang berbeda-beda, orang-orang yang tinggal di sebuah kost juga berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang pendiam, lembut dan kalem, kalau bicara bernada pelan dan kata-katanya tertata rapi.  Ada juga yang cadas, yang kalau bicara ceplas-ceplos dengan nada yang tinggi. Bagi Kamu yang sudah biasa dengan ketenangan, Kamu mungkin akan mendapati teman kost yang berisik dan memiliki perilaku yang kurang sesuai dengan Kamu. Di sini Kamu perlu untuk belajar bersabar dan menahan diri dalam menghadapi orang lain.

  1. Keuangan yang Kandas Sebelum Akhir bulan

Tanggal muda makan di rumah makan, tengah bulan makan di warung, sedangkan akhir bulan makan mi instan. Kalau sudah akhir bulan, setiap hari ikut seminar di kampus dengan target mengejar konsumsi. Tidak sedikit anak kost yang kesulitan dalam mengelola keuangannya, sehingga ketika akhir bulan mereka akan mendapati uangnya sudah habis. Sebagai anak kost, Kamu mesti bijak dalam mengatur uang kiriman yang diberikan orangtuamu. Kamu mesti dapat menahan diri dari godaan yang datang pada awal bulan supaya tidak kandas sebelum mencapai akhir bulan sembari menunggu uang kiriman bulan selanjutnya datang.

  1. Ibu kost lebih galak dari ibu kandung

Terdapat dua tipe ibu kost, yang sangat galak dan yang sangat baik. Kamu sangat beruntung jika mendapati ibu kost yang penuh perhatian dan baik hati. Sedangkan jika ibu kostmu bertipe yang galak dan sangat ketat dalam mengatur anak kost nya, disiplin jam berapa harus sudah pulang, kamar harus bersih dan dilarang berisik? Bisa-bisa hidup Kamu akan berasa seperti di penjara. Tidak banyak anak kost yang dapat bertahan pada kondisi ini, karena kebanyakan yang lainnya akan memilih untuk pindah kost.

Itulah beberapa tantangan yang dihadapi anak kost. Tetaplah berfikir positif, jadikan tantangan yang ada untuk menempa kamu menjadi lebih mandiri dan lebih disiplin. Anggaplah ngekost sebagai pelajaran kehidupan yang akan membentuk kamu menjadi pribadi yang sukses.