Kost Medan – Jangan pernah menganggap sepele hingga mengabaikan pipa saluran air yang bocor. Pipa saluran air yang bocor bukan hanya dapat membuat kebanjiran di dalam kamar kos. Namun air yang merembes pada dinding kamar kos juga dapat membuat jamur dan bakteri tumbuh.  Dinding yang di tumbuhi jamur akan membuat tampilan kamar kos lama kelamaan menjadi rusak dan rapuh. Selain itu kamar kos juga akan menghasilkan bau yang tidak sedap karena ruangan yang lembab akibat dinding yang di tumbuhi jamur.

Jamur yang tumbuh pada dinding ternyata memiliki banyak jenis. Dan jamur-jamur yang tumbuh pada dinding tersebut ternyata dapat mengancam kesehatan penghuni kos. Sebagai anak kos penting untuk kamu mengetahui jenis-jenis jamur yang berbahaya tersebut.

  1. Jamur Alternaria

Jamur alternaria merupakan jenis jamur yang dapat tumbuh pada dinding yang lembab. Memiliki ciri-ciri berwarna abu-abu kehitaman. Alternaria termasuk ke dalam jenis jamur kelas B. Biasa tumbuh pada area dinding yang kurang terkena sinar cahaya matahari dan cenderung pada area dinding yang lebih gelap.

Jamur bernama alternaria ini dapat mengancam kesehatan bila di biarkan terus tumbuh pada dinding kamar kos. Masalah kesehatan yang dapat di timbulkan oleh jmaur ini yaitu penyakit kulit seperti alergi hingga radang pada pernafasan.

  1. Jamur Aspergillus

Jamur aspergillus merupakan jenis jamur yang masuk ke dalam spesies jamur kelas A hingga B. Terkenal sangat berbahaya bagi kesehatan. Memiliki warna yang beragam, ada yang berwarna coklat dan ada juga yang berwarna hitam. Bukan hanya pada dinding yang lembab, jamur aspergillus ini juga dapat tumbuh pada area lembab lainya seperti pada buku-buku yang tersusun di rak yang lembab dan kurang cahaya. Hingga dapat tumbuh pada pakaian yang di simpan di dalam lemari kayu yang lembab.

Baca juga : Tips Agar Kamar Kost Terhindar Dari Bau Tidak Sedap Dan Harum Sepanjang Hari

Ancaman dari jamur ini seperti alergi, infeksi radang pernafasan hingga masalah peradangan pada paru-paru.

  1. Jamur Penisilin

Jamur penisilin merupakan jenis jamur yang dapat tumbuh pada dinding yang basah dan lembab. Bukan hanya pada dinding, jamur penisilin ini juga kerap tumbuh pada perabotan seperti karpet dan kasur yang lembab. Jamur ini merupakan spesies jamur yang apabila sudah tumbuh maka akan mudah menyebar ke seluruh bagian rumah dan perabotan yang lainnya.

Pertumbuhan yang cepat menyebar ini lah yang membuat jamur penisilin ini sangat mengancam kesehatan. Penyakit radang paru-paru hingga infeksi sinus merupakan jenis penyakit yang bisa di sebabkan oleh jamur penisilin ini.

  1. Jamur Fusarium

Jenis jamur yang dapat mengancam kesehatan selanjutnya yaitu jenis jamur fusarium. Jamur yang satu ini memiiki ciri-ciri berwarna kekuningan.  Jamur fusarium ini biasa tumbuh pada area yang cenderung lebih basah seperti kamar mandi. Ancaman kesehatan yang di akibatkan oleh jamur fusarium ini yaitu alergi hingga radang pernafasan.

Itulah jenis jamur yang kerap tumbuh pada dinding kamar kos yang dapat mengancam kesehatan. Agar kesehatan tubuh tidak terancam maka rutinlah membersihkan kamar kosmu.

Jika anda sedang mencari rumah kost yang dapat memberikan kenyamanan, ketenangan, serta memiliki ukuran yang luas dan bersih, silahkan langsung hubungi kami di Kost Medan. Kami juga menyediakan rumah kost dengan fasilitas yang lengkap seperti TV, AC, kasur, lemari, kamar mandi dalam, tempat parkir luas, CCTV, cuci setrika pakaian, dapur dan air PDAM. Yuk langsung cek di Kost Medan.