Kost Medan – Ada kalanya kita berasa bahwa diri ini sudah tidak betah berada di lingkungan kost saat ini. Keinginan untuk mencoba hal baru semakin kuat untuk merasakan suasana baru. Sering terfikir untuk pindah kost namun masih berat untuk melakukannya.

Ketika kamu sudah memutuskan untuk berpindah kost, ada etika dan norma yang harus kamu lakukan. Jangan hanya sembarangan pindah kost. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin berpindah kost.

 

Fikirkan Alasan Untuk Pindah Kost.

Setiap perbuatan pasti ada tujuan, dan setiap perbuatan ada konsekuensinya. Jangan sampai deh alasan kamu pindah karena gabut. Pastikan kamu memiliki tujuan, semisal mencari kost yang lebih dekat dengan tempat belanja, tempat sekolah, atau lainnya, kemudian kemudahan akses masuk, bebas jam malam (fasilitas baru).

 

Temukan Motivasi Baru Untuk Pindah Kost.

Sama halnya seperti tahun baru “tahun baru, pribadi baru yang lebih baik” dengan menganalogikannya menjadi “tempat tinggal baru, menjadi pribadi yang lebih baik” weh mulai lebay. Tentu dalam melakukan tindakan kita memiliki tujuan, tak ada salahnya memasukan tujuan lain dalam tujuan utama. Misal di kost baru nanti harus lebih bersosial, harus lebih rajin, harus lebih bersih, dan lain sebagainya. Tentunya tujuan tersebut dapat tercapai dengan perencanaan yang sudah terukur. Semisal untuk mencapai target ini harus melakukan ini, ini, dan itu serta konsisten dalam mengamalkannya.

 

Berpamitan

Bapak/Ibu kost merupakan wali orang tua di tempat perantauan, menjadi adab untuk berpamitan, sampaikan sebaik mungkin dari alasan pindah, tujuan, dan sebagainya, jangan sampai menyinggung perasaan beliau, setidaknya sudah memberitahukan akan pindah 1 bulan sebelumnya agar pemilik kost bisa menyiapkan kostnya untuk penghuni kost yang baru. Pamit juga dengan tetangga tetangga sebelah, bapak Rt dan pihak lainnya. Agar memiliki kesan datang dengan baik, pergi juga dengan keadaan baik.

 

Kemas Barang Dengan Baik

Pastikan mengemas barang dengan baik. Kamu bisa mengemas barang yang 1 jenis atau berbeda jenis tetapi sama-sama barang padat. Untuk baju atau pakaian, kamu bisa mengemasnya bersamaan. Untuk peralatan mandi, kamu kemas menjadi satu. Kegiatan ini cukup menyenangkan, karena ketika memilah barang, kita akan menemukan barang barang lama yang sudah tidak digunakan yang sebenarnya masih bisa digunakan. Kadang hal ini bisa membuat bernostalgia. Bayangin deh, barang/benda apa itu?

 

Minta Bantuan Teman.

Pindahan itu capek! Serius gak perlu tanya ”kok bisa?”. Coba deh panggil teman akrab atau tetangga sebelah kost. Minta tolong untuk bantu bantu, dari mengemasi barang sampai memindahkannya ke kos yang baru. Sembari bersih-bersih, angkut-angkut sambil cerita ini itu misalnya tentang si doi, pengalaman cinta kalian atau tentang kampung halaman masing-masing. Hal tersebut membuat tidak begitu terasa lelah karena hanyut dalam pembicaraan, tahu tahunya eh sudah selesai. Tapi jangan lupa beliin gorengan, jajan, minuman, atau sebagainya sebagai ucapan terima kasih.

 

Pastikan Barang Pinjaman Sudah Dikembalikan

Jangan sampai ada barang yang tertinggal! Termasuk barang barang yang sering kamu pinjam seperti baju, setrikaan, gelas, piring, buku bacaan, hutang pinjaman, dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu diingat sebagai orang yang mudah meminjam tapi lupa mengembalikan!

 

Pindah Kost Bisa Untuk Beramal.

Dari tips nomor 3, dijelaskan bahwa dapat menemukan barang barang yang sudah lama tidak digunakan. Hal ini berindikasi bahwa barang tersebut memang sudah tidak diperlukan. Tidak ada salahnya jika barang tersebut dijual atau diberikan kepada orang lain secara cuma cuma. Bisa menjadi pahala tersendiri buat orang yang bersedekah. Tapi jangan dipamerkan ya, entar pahalanya malah jadi hilang.

 

Bersihkan Tempat Tinggal Sebelumnya Seperti Pertama Kali Datang.

Ini wajib loh, serius! Menjadi etika dan adab dalam berkehidupan. Berbagai sampah bekas pindahan harus kamu bersihkan. Bila perlu, kamu bersihkan juga kamar mandi yang kamu pakai (jika kamar mandi berada di dalam kamar). Jangan sampai kamu di cap sebagai orang yang jorok dan tak beretika.

 

Perhatikan Transportasi yang Akan Digunakan

Pindahan cukup pakai sepeda motor, khususnya untuk anak kost barangnya hanya sedikit, tapi jika ingin membawa lemari, kasur atau sebagainya lebih baik menggunakan mobil pick up demi keselamatan bersama.

 

Buat Planning Ketika Sudah Sampai Di Kost Baru.

Kamu bisa membuat rencana penataan barang di kost baru. Jika ukuran kamar baru mu lebih kecil dari sebelumnya, kamu bisa menatanya agar kamar baru mu bisa kelihatan lebih luas.

 

Demikian tips yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat. Semangat untuk pejuang-pejuang di rantauan.