Kost Medan – Untukmu yang harus merantau atau meninggalkan rumah karena alasan pekerjaan dan studi, berburu rumah kontrakan atau kost merupakan tantangan baru yang harus kamu hadapi. Meskipun kamu memiliki saudara di perantauan, namun pilihan untuk kost membuat kami bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri lagi. Mencari tempat tinggal baru itu tak mudah, lho. Kamu harus memutuskan satu di antara banyak pilihan. Tentunya selain faktor budget, masih banyak faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan. Jangan sampai baru satu bulan, kamu sudah merasa tidak nyaman ingin segera pindah kost. Lalu bagaimana caranya memilih tempat tinggal barumu yang aman dan nyaman? Simak artikel berikut.

 

Perhitungkan Ongkos Transportasi

Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu pasti membutuhkan angkutan umum sebagai moda transportasi-mu. Jangan hanya tergoda dengan biaya sewa yang murah. Hitung juga ongkos transportasi yang kamu perlukan dari tempat tinggal barumu ke tempat kerja atau kuliahmu. Pastikan bahwa kamu bisa mengakses transportasi umum dengan mudah. Oleh karena itu, kamu bisa memilih lokasi kost yang mudah mendapatkan angkutan umum.

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, pastikan ada lahan parkir yang aman dan cukup untuk kendaraanmu.

 

Cek Lokasi di Waktu yang Berbeda

Supaya ada gambaran seperti apa lingkungan tempat tinggal barumu, kunjungilah di pagi, siang, dan malam hari. Kamu pun bisa melihat semacet apa situasinya di pagi hari atau seaman apa lingkungan tersebut di malam hari. Kalau hanya sekali saja mengunjunginya, kamu tak benar-benar tahu seperti apa suasananya sepanjang hari.

Dengan mengetahui segala kondisinya, kamu bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi seperti kemacetan. Kalau lokasi kost mu di daerah kemacetan di pagi hari, maka kamu bisa menerencakan untuk pergi lebih awal.

 

Perhatikan Setiap Detail Kost
Sebelum menjatuhkan pilihan, selalu perhatikan setiap detail kecil seperti apakah keran air, kunci pintu, dan colokan listrik berfungsi dengan baik. Perhatikan pula kebersihan kamar mandi dan lingkungan sekitar serta kekuatan sinyal hpmu. Hal ini agar suatu saat nanti kamu tidak kecewa dengan kondisi yang ada.

 

Kenali Pemilik Kost

Cari tahu tentang latar belakang dan nomor kontak mereka. Apakah mereka sudah pernah menyewakan rumah atau kamar kost sebelumnya? Atau kamu yang pertama? Seberapa sering mereka akan menengok tempat tinggalmu nanti? Apakah tempat tinggal mereka dekat situ?

Jika pemilik kost jauh dengan lokasi kost dan kamu mengetahui alamatnya, kamu tidak khawatir lagi jika suatu saat membutuhkan mereka.

 

Kenali Tetangga Sekitar Kost

Hanya melihat sesekali saja tidak cukup. Kalau kebetulan ada orang di sekitar situ, ajaklah mengobrol dan tanya soal kehidupan di sana. Kamu juga bisa mencari informasi dengan mengunjungi toko-toko atau kedai di daerah situ. Biasanya mereka akan lebih jujur dibandingkan pemberi sewamu. Misalnya, mungkin tetangga sebelahmu akan mengakui bahwa di daerah situ sering terjadi banjir sementara pemberi sewamu tak pernah mengatakannya.

Ketika di perantauan, tetangga lah menjadi pengganti keluargamu. Bersikap baik dan seramah mungkin kepada mereka.

 

Catat Semua Kerusakan yang  Ada di Kost

Supaya kamu tak dimintai tanggung jawab atas kerusakan yang bukan dibuat olehmu, foto dan simpan setiap bukti kerusakan seperti engsel patah, kayu yang lapuk, atau bekas tempelan di dinding. Mereka pun tak bisa menuntutmu untuk memberikan ganti rugi atas kerusakan yang tak kamu sebabkan.

 

Ketahui Aturan yang Berlaku

Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Istilah ini cocok untuk kamu yang tinggal di perantauan. Kamu harus mengikuti peraturan-peraturan yang ada disitu. Ketahuilah setiap aturan yang berlaku seperti jam malam, jam tenang, orang menginap, orang mengunjungi, biaya listrik tambahan, atau apakah boleh mendekorasi kamar tersebut. Misalnya, kalau kamu ingin mengecat ruangan atau menempelkan figura pada dinding kamar. Beberapa pemilik kost membolehkannya, beberapa yang lain melarang.