Kost Medan – Sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya idul fitri, tentunya hampir sebagian anak kost akan merayakannya di kampung halaman. Namun, ada juga anak kost yang tidak bisa pulang kampung dengan bermacam-macam alasan. Kondisi ini membuat para anak kost merasakan kegalauan yang hebat karena rindunya pada kampung halaman tidak bisa segera dituntaskan. Bagaimana keluh kesah yang dirasakan anak kost yang nggak bisa pulang kampung?

1. Menjelajah Sekitar Kost-an

Lantaran kesibukan, kamu mungkin nggak sadar kalau di sekitar tempat kamu nge-kos itu banyak tempat yang bagus. Ada situs-situs bersejarah, museum, taman kota, alun-alun, sampai warung-warung yang menjajakan makanan tradisional. Keluar kosan, bawa kamera, sambil bergaya seperti turis kayaknya asik deh!

2. Masuk Komunitas Atau Ikutan Organisasi

Kamu bisa mengikuti beberapa komuunitas atau organisasi Misalnya, kamu bisa ikut perkumpulan mahasiswa daerah, kelompok teater, atau komunitas penulis di luar kampus.

Mungkin beberapa dari mereka mungkin senasib sama kamu. Yeah, sama-sama anak kos yang nggak pulang kampung. Jadi, kalian bisa hang out bareng. Mereka juga sering bikin kegiatan buat mengisi waktu liburan. Semakin banyak teman dan kegiatan bikin kamu nggak merasa kesepian walaupun jauh dari keluarga.

3. Punya Uang Tapi Nggak Dapet Tiket

Kasus ini sepertinya yang paling banyak dialami anak-anak kos. Euforia lebaran sekejap mengubah uangmu layaknya daun-daun kering yang berguguran. Uangmu nggak ada artinya. Tiket pesawat nihil dan tiket kereta api udah ludes dari sebulan yang lalu. Sementara, sekedar tiket bus pun juga nggak bersisa.

4. Udah Punya Tiket, Tapi Tiba-tiba Nggak Bisa Libur

Dosen: “Kita ada ujian sehari sebelum lebaran. Ibu mau berangkat ke luar negeri. Jadi, ujian harus disegerakan”

Kamu: “Tapi, bu…”

Dosen: “Semua setuju, ya. Oke, terima kasih”

Temen: “Ya udah sih tinggal ujian”

Kamu: “Lo sih santai! Rumah lo kan di sini, nggak usah pulang kampung. Gw udah beli tiket dari 2 minggu yang lalu kali!”

Jadi, kamu pilih pulang kampung atau dapet nilai D? Silakan pilih…

5. Kos Mendadak Mirip Kuburan

Kalau biasanya suasana kosan selalu rusuh sampai jam 3 pagi. Semuanya pun berubah sepi. Nggak ada suara  house music atau ketawa ngakak dari kamar-kamar sebelah. Bahkan, ibu kos dan penjaga juga pulang kampung. Kebayang ‘kan kayak apa sepinya kosanmu…

6. Akhirnya, Kamu Memilih Ikhlas Buat Lebaran Di Tanah Rantau

Hmm… giimana ya perasaan mereka yang kuliah di luar negeri dan nggak pulang kampung pas hari raya? Sholat Ied nggak sama keluarga, nggak makan opor, nggak sungkem sama orang tua, dan nggak dapet angpao lebaran.

7. Biar Nggak Galau, Kamu Berusaha Sok Sibuk

Yup, kamu pun memilih jalan-jalan mall to mall. Sekedar window shopping alias cuma liat-liat, kamu pun menyempatkan diri buat mampir ngopi di cafe atau makan di restoran fast food. Walaupun terdengar nggak seru, tapi inilah yang bisa kamu kerjakan buat sedikit menghibur diri.

8. Bersikap Bijaksana, Kamu Milih Belajar Aja

Waktu luang di musim liburan dan nggak pulang kampung mungkin bikin kamu bingung ‘mau ngapain’. Tapi, kamu mulai berpikir cerdas dan memutuskan buat belajar. Buka catatan kuliah, kamu berinisiatif buat bikin jurnal. Yup! Jurnal selama liburan. Kamu membaca ulang materi kuliah dan iseng bikin rangkuman gitu.

Kalau emang suka baca, kamu juga bisa lho menghabiskan waktu di perpustakaan. Tapi, antisipasi kalau-kalau perpustakaan kampus dan perpustakaan kota tutup pas hari raya, kamu bisa merencanakan kegiatan ini jauh-jauh hari. Sebelum liburan, sebaiknya kamu udah stock buku-buku bacaan. Kamu bisa pinjam perpustakaan, tempat persewaan buku atau ke teman-temanmu.

9. Kamu Juga Pengen Nyobain Kerja Part Time

Ketika musim lebaran dan banyak pembantu atau babysitter pada mudik. Kamu berinisiatif buat kerja part time. Nah, karena pembantu dan babysitter pengganti atau infal lagi banyak dicari, kamu bisa pilih profesi itu. Lumayan kan bisa dapat uang tambahan sekaligus killing time.

10. Bisa Fokus Sama Hobimu

Punya kegemaran menulis, melukis, atau fotografi? Yup, saat seperti ini adalah waktu yang tepat buat menikmati hobimu. Kamu bisa menggunakan waktu luangmu buat merenung di kamar biar dapat inspirasi menulis esai.  Bisa juga bongkar koleksi action figure dan mulai membersihkannya satu-persatu. Kalau kamu pulang kampung, apa sempat melakukan itu?

Apa kamu termasuk anak kost yang nggak bisa pulang kampung juga? Tidak usah bersedih hati, kamu bisa mengisi waktumu dengan beberapa kegiatan seperti penjelasan di atas.