Kost Medan – Apa kamu berniat ingin melanjutkan kuliah di luar kota? Atau akan berkerja di luar kota? Untuk itu, kamu harus pindah dari rumah dan tinggal terpisah dari orang tua. Mencari kos yang nyaman pun harus jadi prioritas. Apalagi jika kamu berencana untuk tinggal merantau dalam waktu yang lama.

Biar kamu betah di kosan dan gak pindah terus-terusan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam usaha berburu kamar kos yang nyaman.

 

  1. Carilah Jauh-jauh Hari

Jadi mulailah mencari kos dari jauh-jauh hari sebelumnya, 2-3 bulan sebelum kamu harus pindah. Jika kamu masih berada di luar kota, hubungilah seniormu, kakak angkatanmu, atau kenalan yang sudah ada disana lebih dulu. Minta tolong mereka untuk membantumu mencarikan kos. Kamu pun bisa mencari referensi dari media sosial seperti Twitter dan Facebook. Dengan begini, kamu bisa menemukan jodoh “kos”-mu dengan tepat, tanpa ada rasa sesal yang datang belakangan.

 

  1. Cari Kos dengan Bayaran Per Bulan

Carilah kos dengan bayaran per bulan atau per 3 bulan saja. Kamu pun tidak akan kehilangan banyak uang jika ternyata kamu tiba-tiba merasa tidak betah dan ingin pindah. Selain itu, dalam jangka waktu di atas kamu bisa nyambi mencari kos pengganti. Kalau kamu nggak betah di kos-mu.

 

  1. Pilih Lokasi Kos Yang Agak Jauh Dari Kampus

Kamu bisa cari yang masuk komplek, perumahan, atau masuk gang. Nggak jarang kamu bisa mendapatkan harga yang lebih ekonomis dengan fasilitas yang sama. Dengan begini, uang sakumu juga bisa sisa banyak. Jangan malas untuk mencari. Kamu sudah punya kendaraan sendiri, maka lokasi kos yang tidak dekat seharusnya bukan masalah lagi.

 

  1. Carilah kos dengan Fasilitas Lengkap

Tinggal di kos dengan fasilitas lengkap adalah pilihan yang tepat. Jika tidak, kamu harus repot membeli banyak barang dan bingung mengepaknya ketika harus pulang ke kampung halaman.

 

  1. Buat Kamu Yang Banyak Kegiatan, Cari Kos Yang Tidak Ada Jam Malamnya

Jam malam memang selalu menjadi hal yang identik dengan kos. Jika kamu termasuk orang yang aktif di malam hari, kamu akan merasa sedikit kerepotan dengan peraturan ini.

 

  1. Pilih Kos yang Memiliki Dapur Agar Kamu Bisa Mengehemat Uang Makan

Saat kamu tak punya uang untuk beli air minum, kamu juga bisa merebusnya sendiri di kosan. Kamu juga tidak perlu keluar tengah malam jika ingin makan sesuatu. Saat keuangan sudah menipis, kamu harus lebih irit. Salah satu cara menjadi lebih irit adalah masak sendiri. Ini akan lebih mudah jika kosmu punya dapur. Menggoreng tempe atau masak mie rebus pun menjadi mudah. Dapur adalah nilai plus untuk menghemat uang makan.

 

7. Cari Temen Kos untuk Berdua Menempati Satu Kamar

Terkadang ada pemilik kos akan menambahkan biaya sewa dari harga normal. Pasalnya, biaya maintenance kamar yang dipakai berdua juga lebih mahal. Tapi jangan khawatir, hal ini biasanya masih bisa dinegosiasikan. Jika kamu pandai bersilat lidah, kamu akan bisa mendapat kamar nyaman dengan harga yang aman. Carilah orang untuk menjadi teman sekamar. Dengan cara ini kamu bisa lebih menghemat uang karena uang sewa kamar bisa dibagi berdua.

 

Kos itu bakal jadi rumah kedua bagimu. Tentu saja kamu harus selektif memilihnya. Agar urusanmu lancar, terapkan saja tips-tips di atas saat mencari kosan. Jangan malas mencari ya. Semoga beruntung!