Kost Medan – Ketika menjadi anak kost, sebagian dari kamu merasa bebas tanpa pengawasan orang tua. Akibat merasa bebas, banyak yang bertingkah laku yang sesuka hatinya. Padahal orang tua di kampung berharap kita bisa menjadi lebih mandiri dan bijaksana. Nah, kelakuan-kelakuan apa saja yang sering dilakukan anak kost?

 

  1. Bangun Kesiangan

Kebanyakan anak kost suka bangun molor hingga menjelang tengah hari. Atau bermalas-malasan sambil main hape sebelum melanjutkan aktivitas lain. Apalagi jika sudah masuk waktu weekend. Bangun jam 8 pagi itu sudah hebat sekali. Hari biasa saja bangun 15 menit sebelum berangkat kuliah/ngantor. Seperti itulah gambaran hidup anak kost saat ini. Gimana enggak, kebanyakan anak kost meski punya jam malam, bisa saja hangout sampai dini hari, atau begadang sampai dini hari.

 

  1. Pulang Malam

Saat ini café, restoran, tempat-tempat yang cocok menjadi spot foto sangat digemari oleh kaum millennial. Tak jarang pula pengunjung café dari kalangan anak kost, mereka rela datang hanya sekedar nongkrong minum kopi hingga larut malam. Apalagi kalau ikut komunitas sepeda atau sejenisnya yang sering keluar di malam hari.

Memang ketika jadi anak kosan, semuanya bisa berubah. Berangkat dan pulang kapanpun bisa sesuka hati, apalagi jika kost-an tidak menerapkan jam malam.

 

  1. Menumpuk Pakaian Kotor

Siapa disini anak kost yang males mencuci baju? Menumpuk pakaian hingga berminggu-minggu sambil nunggu keajaiban datang? Bagi anak kos perempuan, baju patut dirawat seperti merawat diri,  jadi kebersihan baju menjadi prioritas utamanya.

Buat anak kost lelaki, kebanyakan dari mereka malah malas mencuci dan membentuk gunungan baju dibelakang pintu kamar. Baru bersih ketika mereka menggunakan jasa laundry atau meminta pacarnya yang mencucikan bajunya.

 

  1. Nimbun Sampah di Kamar

Bukan hanya numpuk pakaian kotor saja. Anak kos biasanya juga doyan nimbun barang, jarang ada kamar kos bersih dan rapi. Kamar kos seperti ini sering disebut dengan ‘kapal pecah’. Bukan hanya sisa makanan kemarin yang masih numpuk di pojok kamar, tapi ada pula baju kotor yang ditumpuk dengan baju bersih. Ada juga yang merokok dalam kamar sehingga putung rokok berserakan di lantai kamar.

 

  1. Malas Mandi

Bukan hanya ketika liburan. Untuk kerja atau kuliah biasanya mereka jarang mandi di pagi hari, dengan alasan dingin terkena air atau takut telat. Bahkan ada juga yang pakai alasan ‘global warming’ sehingga kita perlu hemat air. Memang malas tidak akan hilang dari ucapan mereka. Tapi itulah uniknya anak kos.

Tak jarang dari mereka mandi hanya satu kali dalam sehari dan tidak mandi ketika hari libur. Kebiasaan ini cukup menular, bahkan bisa terbawa sampai ke rumah juga.

 

  1. Ngutang

Buat anak kost yang sering ngikuti trendy fashion atau yang sering nongkrong sana-sini, kadang mereka rela menghabiskan uang bulanan demi mengikuti itu semua. Takut dikatakan nggak gaul, nggak update, atau kolot jika tidak mengikutinya. Alhasil, pertengahan bulan menjadi masa kritis dan terseok-seok karena kekurangan pasokan uang. Dan inilah saatnya memanfaatkan teman untuk meminjam uang atau meminta traktir untuk mencukupi berbagai macam kebutuhan. Nominalnya kadang bisa mencapai jutaan, karena anak kost sekarang cukup kreatif dalam menggunakan dan menghasilkan uang. Sistem pembayarannya pun agak lebih bersahabat tentunya. Tapi, banyak juga yang punya kisah ‘buntung’ karena utang-utangan antar anak kost.

Itulah sebagian kelakuan-kelakuan buruk para anak kost. Namun, tidak sedikit pula anak kost yang menerapkan peraturan di rumah ke perantauan. Meskipun kalian banyak melakukan kelakuan buruk tersebut, tapi tetaplah ingat tujuan kalian berada di perantauan.