Kost Medan – Menjelang akhir bulan, kiriman orang tua masih lama? Kamu jangan miris dulu. Jangan buru-buru makan nasi plus garam plus bon cabe dulu. Masih banyak cara untuk bisa hidup senang meskipun dompet sedang tipis-tipisnya. Bahkan selain untuk mengakali kehidupan di akhir bulan, cara-cara di bawah ini bisa kamu terapkan setiap harinya dalam menyelamatkan dompetmu. Tidak perlu sok jaim, pelit pangkal kaya!

 

  • Sebaiknya Kamu Mulai Masak Sendiri. Manfaatkan Fasilitas Dapur Kosmu

Makan enak tidak harus mahal atau pun yang penuh protein dari daging-dagingan. Untuk menghemat pengeluaran, memasak sendiri bisa jadi solusi.  Kalau kamu kreatif, makanan sederhana dan murah bisa jadi menu luar biasa. Misalnya, daripada kamu masak mie goreng biasa, mie instan dan telor bisa kamu olah jadi martabak mie, yang bisa dijadikan lauk untuk dua kali makan. Lebih lezat sekaligus lebih hemat. Lumayan juga kan untuk meningkatkan kemampuan memasak? Jadi kelak ketika kamu sudah menemukan pasangan dan sudah tidak ngekos lagi, kamu tidak akan canggung kalau harus turun ke dapur.

 

  • Berbaiklah kepada Ibu Kos. Bisa Jadi Kamu Akan Kebagian Rezeki

Menjalin silaturahmi dan hubungan yang baik dengan orang sekitar itu wajib. Terutama bila kamu anak kos, yang jauh dari keluarga, merekalah orang yang pertama kali memberikan bantuan saat kamu mengalami kesulitan. Jadi selain mendekatkan diri kepada Tuhan, kamu juga harus mendekatkan diri kepada mereka. Terutama ibu kos. Jangan sungkan untuk mengajaknya ngobrol dan membantunya bila sedang diperlukan. Kalau ibu kosmu suka padamu, dia juga nggak akan sungkan-sungkan memberimu sayur dan lauk pauk. Kan lumayan, kamu tinggal masak nasi saja.

 

  • Ikut-Ikut Acara Seminar Yang Menyediakan Makan Siang Gratis. Sambil Belajar, Perut Kenyang

Bila kamu masih mahasiswa, atau tinggal di lingkungan akademisi, kamu bisa memanfaatkan berbagai event seminar yang menguntungkan. Terutama di kota-kota besar, banyak seminar yang bisa kamu datangi tanpa harus bayar. Asyiknya lagi, kebanyakan seminar ini menyediakan makan siang, atau setidaknya snack pengganjal perut. Selain makan gratis, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari hal ini. Mulai dari menambah wawasan dengan materi seminar, juga bisa menambah kenalan. Tentu sayang sekali kalau kamu lewatkan.

 

  • Sering-Sering Main Ke Rumah Teman. Siapa Tahu Kamu Ditawari Makan

Apa salahnya berkunjung ke rumah teman? Selain menambah keakraban, kamu juga bisa mengenal lebih baik keluarganya. Salah satu caranya adalah sering-sering main ke rumah teman yang bukan anak kosan. Kalau perlu, berlama-lama di sana. Dan jangan sungkan untuk ngobrol ataupun mengakrabkan diri dengan keluarganya. Kalau kamu sudah akrab dengan mereka, biasanya si empunya rumah juga tidak segan-segan mengajakmu ke meja makan bila memang sudah waktunya.

 

  • Nongkrong Di Warung Kop Dengan Semangkuk Indomie, Kamu Sudah Bisa Jadi Anak Gaul Juga

Saat dompet sedang diambang kehancuran, tapi kamu memaksa menerima ajakan untuk nongkrong di kafe mahal demi eksistensi diri, itu namanya bunuh diri. Kecuali ada yang bersedia ngajakin makan gratis. Untuk mempertahankan eksistensi dalam pergaulan nggak harus beredar di tempat-tempat mewah berbudget besar kok. Kamu bisa nongkrong di warung kopi. Ditemani dengan secangkir kopi dan semangkuk indomie, kamu bisa ngobrol ber-jam-jam. Angkringan pun bisa jadi solusi. Dengan harga nasi kucing yang dua ribuan, kopi yang dua ribuan juga, kamu sudah bisa bersosialisasi.