Kost Medan – Ketika kamu diterima di kampus atau kantorbaru yang berjauhan dari rumah, kamu mau gak mau harus tinggal di kost. Meskipun kamu memiliki sanak saudara, namun terkadang tinggal bersama mereka membuat kamu tidak bisa menjadi lebih mandiri dan tidak lebih leluasa. Tinggal jauh dari rumah menjadi tantangan tersendiri untuk kamu. Tinggal di lingkungan yang berbeda sesungguhnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Ada kalanya kamu merasakan kebosanan di dalam kamar kostmu sendirian. Tapi kamu tidak usah khawatir, ada banyak cara-cara yang bisa lakuin agar kebosanan kamu segera sirna. Apa saja itu? Mari simak. Check It Out.

 

Membersihkan Kamar

Hal yang utama adalah tetap menjaga kamarmu terlihat rapidan bersih. Kalau kamu tipe orang yang pemalas, kamu nggak perlu membersihkan semuanya dalam sehari kok. Susunlah jadwal bersih-bersih dalam seminggu, misal merapikan lemari pakaian di hari Senin, menyapu 4 kali seminggu, merapikan meja belajar dan rak buku di hari Rabu, membersihkan kamar mandi di hari Jumat, dan sebagainya.

Kegiatan membersihkan kamar ini bisa mengusir kebosanan kamu. Selain mengusir kebosanan, pastinya membersihkan kesehatan membawa dampak yang baik bagi kesehatan kamu sendiri.

 

Mengundang Teman

Kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama sahabat-sahabatmu adalah mengundang mereka ke dalam kamar. Kalian bisa mengobrol, saling curhat, nonton drama Korea bersama atau kegiatan seru lainnya. Terkhusus wanita, kalian bisa saling curhat tentang doi, saling curhat tentang kegalauan masing-masing. Atau saling curhat tentang aktor Korea favorit-mu.

Tapi ingat ya, jangan undang temen lawan jenis-mu. Ingat adzab itu pedih, hehe.

 

Menata Kamar

Punya desain kamar impian? Kamu bisa mewujudkannya dengan menata ulang kamar kos sesuai dengan keinginan kamu. Meski bentuk ruangan nggak mendukung, namun kamu bisa mempercantik dinding kamar dengan berbagai pajangan dan lampu hias. Di sinilah letak keseruannya karena kamu bebas bereksperimen dan menuangkan kreativitasmu. Dijamin, rasa bosanmu hilang.

 

Menyibukkan Diri

Tinggal sendiri kadang membuat hari-harimu terasa lebih sepi, terutama ketika teman-temanmu sedang sibuk. Maka dari itu, kamu perlu mengisi waktu dengan kegiatan yang seru, seperti membuat dan menulis di blog atau bergabung dengan komunitas sesuai hobi yang kamu tekuni. Kalau kamu memang memiliki kemampuan menulis, kamu bisa asah kemampuanmu. Bahkan, kamu bisa mendapatkan tambahan uang saku dengan menulis blog atau artikel.

 

Jalan-jalan

Sebagai orang baru, kamu perlu mengenal wilayah tempat tinggal dan kota yang kamu singgahi. Bermodal nyali, kamu bisa sesekali pergi dan mengenal rute jalan serta pusat-pusat keramaian di wilayah tersebut. Setidaknya, kamu jadi tahu kemana kamu harus pergi ketika ingin belanja atau membutuhkan sesuatu.

 

Mengatur Uang Bulanan

Khusus bagi yang belum bekerja, biasanya uang bulanan diterima dari orangtua. Sebagai anak rantau atau tinggal terpisah dari keluarga, kamu perlu mengasah seni mengatur uang bulanan. Kesalahan terbesar dan paling sering terjadi adalah pengeluaran lebih besar dari uang bulanan, sehingga orangtua perlu memberikan uang lebih. Coba deh bagi uang bulanan sesuai dengan kebutuhan seperti ongkos, uang makan, uang keperluan kuliah, uang belanja dan sebagainya. Kalau bisa, sisakan 10% dari uang bulanan untuk ditabung.

 

Menikmati Hidup

Dimanapun kamu tinggal, kebahagiaan adalah kunci utama jika kamu ingin menikmati hidup. Caranya dengan menghadapi semua masalah yang datang. Usia saat kamu kuliah atau bekerja di tahun-tahun pertama adalah usia di mana kamu perlu banyak belajar tentang karier, cinta, membentuk mental yang kuat, dan pastinya belajar menjadi orang yang lebih dewasa.