Kost Medan – Jadi anak rantau tidak se-enak cerita-cerita di FTV, banyak tantangan yang harus kamu hadapi. Tidak hanya jauh dari orang tua, kita juga diharuskan beradaptasi dengan lingkungan baru sendirian. Apa lagi harus mengatur keuangan yang datangnya pas-pasan tiap bulan. Dompet sudah menipis tapi kiriman dari orang tua masih lama lagi. Untungnya ada kamar kos yang jadi tempat pulang. Kamar jadi tempat ternyaman di perantuan.

Saat ini sudah banyak kos-kosan yang menyediakan fasilitas lengkap, jadi kita merasa seperti di rumah. Nah, kos-kosan inilah yang menjadi penyelamat di saat akhir bulan ketika uang bulanan sudah hampir habis namun belum ada tanda-tanda akan datangnya kiriman. Mau tau caranya? Kamu bisa banget manfaatin fasilitas kos secara maksimal. Apa aja yang bisa kamu manfaatin? Yuk, simak artikel ini.

1.   Manfaatkan kompor di kosanmu untuk memasak

Hampir semua kosan yang ada di Indonesia saat ini sudah punya fasilitas dapur. Di dalam dapur biasanya juga disediakan alat masak seperti kompor. Nah, kompor ini jadi satu fasilitas vital yang harus kamu manfaatkan untuk membantu menghemat uang bulananmu. Daripada terlalu sering beli makan di luar, lebih baik kamu memasak sendiri. Dengan uang 10 ribu rupiah kamu sudah bisa membeli sayur dan lauk beserta bumbunya yang bisa diolah untuk 2 kali makan. Jelas lebih hemat!

2.   Dispenser, Ibarat Oasis Di Tengah Gurun

Selain kompor, di dapur kosan biasanya juga disediakan dispenser air yang bisa dipakai bersama. Jangan bilang kamu nggak pernah memanfaatkan fasilitas ini, rugi dong kan kamu juga sudah membayar. Coba deh kita hitung, setiap hari kamu menghabiskan kurang lebih 6 ribu rupiah untuk air mineral ukuran 1000 ml. Kalau mengambil air dari dispenser kosan saja, tidak ada uang yang kamu keluarkan untuk mendapat air minum. Kamu hemat 180 ribu rupiah setiap bulannya.

3.   Manfaatkan Kulkas Untuk Menyimpan Makananmu

Tidak sekadar jadi pendingin minuman agar kamu nggak kebanyakan jajan es diluar, kulkas juga bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan makanan. Apalagi kalau kamu baru pulang kampung dan bawa banyak makanan, biar nggak cepat busuk, letakkan dalam kulkas. Cara ini juga jelas menghemat uang bulananmu karena makanan yang disimpan dalam kulkas bisa kamu olah keesokan harinya. Tapi ingat, kalau makananmu sudah tidak layak konsumsi, langsung buang ya. Simpan bahan olahan saja di kulkas.

 

4.   Menyuci Sendiri Lebih Hemat Ketimbang Laundry

Salah satu kebutuhan anak kos yang memakan biaya adalah kebutuhan sandang. Rata-rata anak rantau tidak membawa banyak baju ke kota perantauannya, alhasil laundry jadi pilihan agar tetap memiliki baju bersih untuk kuliah. Padahal mencuci sendiri di kosan jauh lebih hemat lo. Hampir setiap kosan saat ini menyediakan fasilitas mencuci dan menjemur. Jika beruntung kamu juga bisa menemukan kos yang menyediakan mesin cuci. Kalau mencuci sendiri kan kamu bisa menghemat 5 ribu rupiah untuk satu kilo baju.

 

5.   Jangan Habiskan Uangmu untuk Mengerjakan Tugas DI Luar. Manfaatkan wifi dan ruang belajar yang ada di kosan, dong!

Tahu nggak sih nongkrong sambil mengerjakan tugas jadi salah satu pengeluaran terbesar mahasiswa zaman sekarang, padahal kos-kosan sekarang pasti sudah dilengkapi wifi dan ruang belajar atau ruang tengah. Daripada mengerjakan tugas di luar yang mengharuskanmu mengeluarkan banyak uang, mending mengerjakan tugas di kosan, hemat tapi tugas tetap selesai.

Kosanmu punya semua fasilitas di atas? Kalau begitu kamu bisa tenang sampai kiriman dari orang tua bulan depan. Sekarang tinggal bagaimana kamu betul-betul memanfaatkan fasilitas kos yang ada. Kalau cuma niat tanpa tindakan ya sama saja bohong. Selamat mencoba!