Kost Medan – Anak kost identik dengan mahasiswa atau karyawan yang biasanya mendapatkan uang dalam jangka waktu bulanan. Namun, ada waktu ketika kebutuhan semakin kompleks dan mendesak, sehingga uang bulanan tersebut habis sebelum waktunya karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu dekat. Kondisi ini tidak jarang terjadi pada sebagian besar anak kost. Sebagai anak kost, manajemen finansial sangat penting agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. Untuk itu, mari kita bahas cara menabung yang efektif untuk anak kost.

Buka Rekening dan Siapkan Celengan Khusus

Sekarang ini kemajuan teknologi membuat Anda tidak lagi sulit mencari tempat penyimpanan yang aman dan terjamin. Dua metode penyimpanan berikut bisa menjadi cara menabung yang baik bagi kamu para anak kost, yaitu dengan membuka rekening Bank atau menyiapkan celengan.

Baca Juga: 4 Tips Hemat Listrik Untuk Anak Kost Agar Lebih Irit

Anda bisa membuat rekening khusus sebagai tabungan masa depan. Memiliki tabungan akan sangat membantu ketika ada kebutuhan di kemudian hari atau dalam keadaan mendesak. Uang dalam rekening bisa diambil setiap saat, sehingga sangat fleksibel dan mudah. Namun, jika ingin menyisihkan uang logam, kamu dapat menggunakan celengan. Uang logam atau reseh memang bukan nominal besar, tetapi kalau dikumpulkan dapat menjadi tabungan yang menjanjikan.

Nilai positif dari cara menabung dengan rekening atau celengan adalah sama walaupun menggunakan media yang tidak sama. Cara menabung ini sangat sering dilakukan oleh kebanyakan orang, khusunya anak kost yang sedang merantau. Kebiasaan menyisihkan uang bisa melatih mental serta pribadi yang lebih baik untuk mengelola keuangan kamu.

Belanja Sesuai Keperluan dan Buat Catatan Pengeluaran

Kalau kamu telah merinci daftar pengeluaran, selanjutnya kamu dapat membelanjakan uang berdasarkan daftar itu. Kalau terdapat keperluan yang tidak tercatat, kamu bisa setiap hari membuat catatan pengeluaran. Cara ini dimaksudkan agar kondisi finansial kamu dapat terpantau, khususnya pengeluaran setiap bulannya. Dengan membuat catatan tersebut, kamu dapat lebih cermat dalam pengeluaran uang.

Pengeluaran dapat dihemat dengan menyiapkan bekal makanan sendiri ketika kuliah atau bekerja. Secara umum makan di warung cukup mahal, agar lebih hemat, kamu dapat memasak sendiri. Dengan memasak sendiri justru lebih nikmat dan terjamin higienis daripada membeli di warung atau sebagainya, dan tentu jauh lebih hemat.

Menetapkan Target Untuk Diraih

Anda dapat membuat target yang ingin diraih untuk menjadi sarana motivasi diri. Memiliki goal yang pasti membuat kegiatan menabung dan berhemat menjadi lebih bersemangat . Susun target kamu,  seperti akan membeli rumah, kendaraan, pernikahan, liburan dan sebagainya. Atau bahkan membuat target untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini tentu saja membuat diri merasa terpacu dan termotivasi untuk terus menabung agar bisa mencapai target tersebut. Target menjadi bentuk penghargaan untuk diri Anda sendiri dan melatih personal yang lebih bermanfaat.