Jasa Sewa Kost VIP Medan MurahHidup sebagai anak kost memang mempunyai persoalan dan pengalaman tersendiri. Yang pasti hidup sebagai anak kost tidak sama dengan hidup bersama dengan orang tua dimana setiap kebutuhan biasanya sudah dimudahkan dan disediakan. Ketika akan makan, sudah tersedia karena ada yang memasakkan, pakaian kotor sudah ada yang menyucikan, dan sebagainya

Namun sebagai anak kost, kita dituntut untuk bisa mandiri dan bertahan hidup dengan segala keterbatasan. Anak kost mungkin sudah terbiasa dengan siklus masa kaya dan miskin yang selalu mereka hadapi tiap bulannya.

Pilih tempat kost yang lokasinya dekat dengan sekolah, kampus atau tempat kerja

Hal yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk kost adalah lokasi tempat kost yang diwajibkan dekat dengan lokasi sekolah, kampus atau tempat kerja. Sebab kamu tidak perlu mengalokasikan ongkos yang banyak untuk naik bis, atau membeli bensin untuk kendaraan pribadi. Kita bisa berjalan kaki, atau naik sepeda. Selain hemat, juga tambah sehat karena kita bisa sekaligus berolah raga secara rutin.

Baca Juga: 3 Pesan Motivasi Penyemangat Anak Kost Untuk Menyelesaikan Kuliah Tepat Waktu

Buat rincian pengeluaran

Rincian pengeluaran merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola pengeluaran bulanan. Cobalah buat skala prioritas dalam kebutuhan bulanan kita.

Atur penggunaan ATM

Jangan selalu berpikir kalau tabungan kita di Bank masih banyak, sehingga kita selalu mengandalkan ATM kemanapun kita pergi. Agar lebih hemat, ada baiknya kamu mengatur penggunaan ATM.

Perhatikan kebutuhan makan dan minum

Tidak dipungkiri jika kebutuhan makan dan minum adalah hal yang paling banyak mengeluarkan biaya. Untuk itu jangan menyepelekan urusan makanan. Mencari makan yang harganya terjangkau memang menjadi hal wajib untuk anak kost, namun perhatikan juga kesehatan dan kehigienisannya.

Baju disarankan untuk dicuci sendiri

Harus mau Rajin!, untuk menjadi anak kost kita dituntut harus menjadi mandiri. Terutama dalam mengatur keuangan.

Mengatur uang quota

Pada jaman sekarang ini, quota internet bisa dibilang adalah nyawa kedua bagi para remaja. Apalagi buat anak kost. Nah, untuk yang satu ini, kita harus pandai-pandai dalam mencari celah. Cari provider yang menawarkan paket-paket internet hemat.

Manfaatkan harga diskon

Sebagai pasukan anak kost yang ingin berhemat, kita harus dapat memanfaatkan fasilitas diskon. Carilah toko yang menawarkan diskon besar pada produknya.

Mengurangi biaya buku dan fotokopi

Bagi anak kost yang statusnya masih anak kuliahan. Masalah biaya fotokopi materi atau buku kuliah pastilah sangat mengganggu keuangan yang pas-pasan. Untuk menekan pengeluaran biaya buku dan fotokopian, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah rajin mencatat materi kuliah.

Masak Sendiri

Seperti yang kita tahu, biaya makan dan minum adalah biaya terbesar yang harus dikeluarkan untuk anak kos. Untuk menyiasatinya, mulailah dengan belajar masak sendiri. Belilah bahan makanan yang bisa digunakan hingga beberapa hari kedepan seperti telur, buncis, kacang panjang atau wortel dll.

Cari duit tambahan

Buat para anak kost yang masih memiliki waktu luang yang cukup, ada baiknya kamu mencari penghasilan tambahan. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang tambahan, yakni dengan bekerja part-time atau paruh waktu di toko buku, kafe atau tempat usaha lainnya atau bisa juga menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Bawa uang secukupnya didompet

Walaupun hidup di kost, namun anak kost tidak boleh lepas dari namanya interaksi sosial.

Kumpulkan uang receh

Jangan menyepelekan uang receh yang untuk membeli permenpun tak cukup. Sebab jika sudah dikumpulkan uang recehpun dapat menyelamatkan kalian di tanggal tua nanti.