Kost Medan– Sebagai mahasiswa, tentunya kamu akan dihadapkan dengan beragam tugas-tugas kuliah. Belum lagi jika kamu beraktivitas di berbagai macam organisasi. Rasanya 24 jam terasa kurang untuk menjalani itu semua.

Untuk urusan tugas, tidak jarang tenggat waktu (deadline) pengumpulan ditentukan secara bersamaan. Alhasil, kamu harus mengejar deadline tersebut dan mengerjakan sampai begadang hingga larut malam. Begadang sekali dua kali tidak apa-apa, namun ada juga yang sering begadang.

Nah, selama kuliah, pasti kamu tak akan satu kali menghadapi situasi begadang sampai larut malam. Padahal, seperti kita tahu begadang itu tak baik untuk kesehatan. Tidak jarang akan membuat kita mudah mengantuk, kurangnya konsentrasi, hingga jatuh sakit.

Jika kalian terpaksa begadang untuk mengerjakan tugas, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tubuh kalian tetap fit. Berikut tips menjaga kesehatan ketika harus bergadang.

  1. Jangan lupa makan

Jangan pernah sepelekan makan bila kamu terpaksa begadang untuk mengerjakan tugas. Selama begadang, kamu perlu banyak asupan makanan. Dengan makan teratur, kamu akan mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Konsentrasimu akan terjaga bila ada asupan makanan yang masuk ke tubuh. Makan makanan yang bergizi juga akan menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit.

  1. Pilihlah makanan yang tepat

Saat begadang, kamu mesti memilih jenis makanan yang tepat. Pilihlah makanan yang tak hanya membuat kenyang, melainkan bisa meningkatkan daya konsentrasi, daya ingat, hingga mengurangi stress. Kamu bisa memilih makanan seperti mengandung karbohidrat, ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah beri, alpukat, kuning telur, coklat, dan cabai. Kurangilah makanan yang bersifat instan. Bila mau makan camilan, coba pilih yang memberikan energi dan mengandung protein seperti protein shakes, greek yoghurt, buah-buahan, dan irisan apel yang dioles kacang.

  1. Hindari minuman berkafein yang berlebihan

Begadang bagi sejumlah orang identik dengan kopi. Ya, kopi adalah teman di saat begadang karena memiliki kandungan kafein yang bisa mengurangi rasa kantuk. Mengkonsumsi kafein yang berlebihan seperti satu cangkir dalam satu malam justru akan membuat kita dehidrasi dan insomnia. Tentunya tidak nyaman bukan saat mengerjakan tugas, malah terserang dehidrasi. Ada baiknya jangan mengkonsumsi nya terlalu banyak agar juga tidak terkena penyakit maag, dan membuat sakit sehingga terbengkalainya tugas penting yang harus kita kerjakan.

  1. Perbanyak minum air putih

Selain menghindari minuman berkafein yang berlebihan, kamu juga tak disarankan meminum minuman berenergi. Hal itu disebabkan pada saat malam hari, tubuh akan melakukan detosifikasi. Usahakan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan bisa membantu untuk mengurangi kelelahan serta membantu lebih fokus.

  1. Mencicil Tidur

Apabila kamu mempunyai cukup waktu untuk istirahat sejenak, pejamkan mata kamu dan buatlah rileks selama beberapa menit. Hal ini cukup ampuh untuk me-refresh tubuh dan pikiran kita, istilah ini juga dikenal dengan nama Quick Nap.

  1. Jangan langsung mandi

Siapa diantara kamu yang pernah langsung mandi setelah begadang? Hal tersebut tidak baik untuk tubuhmu. Pada pagi hari setelah begadang, suhu tubuhmu masih panas. Jika langsung mandi setelah begadang, kamu bisa terserang flu.

  1. Pastikan mendapatkan matahari yang cukup

Sebelum berangkat kuliah, cobalah untuk terpapar sinar matahari. Bagi sejumlah orang, mungkin hal itu sangat tak enak. Namun, paparan sinar matahari bisa memberikanmu asupan vitamin D. Sinar matahari bisa membuat hormonmu seimbang dan tak cepat stress.

  1. Mengkonsumsi vitamin

Asupan gizi bisa kamu dapatkan dari vitamin selain dari makanan. Kegiatan begadang sendiri berpotensi akan menurunkan daya tubuhmu. Biasakan untuk mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin C dan D.