Kost Medan – Sebagai anak kost yang dipaksa keadaan untuk hidup mandiri, serta tuntutan hidup di kota memang harus dihadapi dan diperjuangkan. Terutama jika Kamu adalah anak kost yang sedang kuliah. Disamping biaya hidup yang harus dipikirkan, Kamu sebenarnya juga bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan positif dan produktif. Dengan begitu, kamu bisa mengisi waktu luang sekaligus mengumpulkan uang sendiri sehingga tidak perlu lagi menunggu uang jajan tambahan (apabila kehabisan) dari orangtua Kamu. Akan tetapi, tetap harus diseimbangkan antara waktu kuliah/belajar dengan pekerjaan paruh waktu yang akan kamu jalani. Dibawah ini beberapa pekerjaan paruh waktu yang dapat dilakukan anak kost seperti Kamu tanpa harus mengabaikan kewajiban dalam menuntut ilmu.

Baca Juga: Tips Beradaptasi Di Kost Baru, Beradaptasi itu Tidak Sulit Kok

  1. Privat Teacher

Menjalani pekerjaan sebagai guru privat dapat menghadirkan kepuasan tersendiri. Bagaimana tidak, selain dapat memberikan penghasilan tambahan, Kamu juga dapat memberikan manfaat kepada orang lain berupa ilmu yang kamu miliki. Secara tidak langsung, Kamu juga bisa memperkuat ilmu kamu dengan mengajarkannya. Kamu dapat memilih mata pelajaran yang memang kamu kuasai dengan baik, atau dapat juga sesuai dengan basic kuliah kamu.

  1. Penulis Lepas

Tidak mesti menerbitkan novel dulu baru dapat uang, bagi Kamu yang suka menulis, Kamu bisa mengasah kemampuan menulis kamu dengan menjadi penulis paruh waktu atau penulis lepas. Mungkin selama ini, Kamu hanya membuat tulisan di buku catatan pribadi atau diary sendiri, maka baik sekali jika kamu mencoba memulai pekerjaan sebagai penulis lepas, sehingga bisa menambah penghasilan sekaligus mengisi waktu luang.

  1. Operator Warnet

Banyak sekali anak kost yang berprofesi sebagai operator di warnet. Selain bisa menghasilkan uang, Kamu juga mendapatkan keuntungan tambahan yaitu dapat leluasa memanfaatkan internet cepat selama jam kerja. Jadi, tidak akan jadi masalah lagi untuk mencari bahan tugas di internet, karena kamu bisa berselancar dengan gratis.

  1. Fotografer

Hobi hunting memfoto-foto sendiri? Mungkin kamu memang terlahir dengan bakat memotret. Kamu bisa mendalami passion atau hoby kamu yang satu ini dengan menjalani pekerjaan sampingan sebagai fotografer paruh waktu. Kamu bisa menawarkan keahlianmu ke beberapa studio foto atau bisa join dengan suatu event organizer. Disana, kamu bisa bertemu dan belajar dengan teman yang sudah professional. Apalagi di jaman digital saat ini, tentu akan sangat menguntungkan.

  1. Penyiar Radio

Teman-teman sering bilang kamu cerewet karena mudah ngomong tapi susah berhenti? Sepertinya Kamu butuh penyaluran bakat kamu yang satu ini. Ya, Kamu cocok menjadi penyiar radio. Namun tidak mesti jadi cerewet, lho. Yang penting pandai berbicara merupakan satu kriteria utama yang dibutuhkan sebagai penyiar radio. Sangat mendukung sekali kalua kamu kuliahnya di jurusan broadcasting, pekerjaan satu ini cocok sekali untuk Kamu jalani.

  1. Jasa Pengetikan

Kalau menjadi penulis lepas memberatkan kamu karena susah mencari ide, minimal kamu bisa mengetikkan tulisan orang lain yang membutuhkan untuk di ketikkan. Kamu bisa menawarkan jasa pengetikkan bagi oranglain yang punya pekerjaan untuk diketikkan namun ianya tidak memiliki waktu luang. Apapun pekerjaannya, yang penting halan dan kuliah kamu juga jangan sampai ketinggalan.