Kost Medan – Tidak semua kost-an memiliki dapur bersama. Hanya ada kamar dan kamar mandi. Tidak ada fasilitas dapur membuat anak kost kesusahan untuk memasak bahkan dari mereka banyak yang memutuskan untuk membeli makanan jadi atau nasi bungkus. Namun, adakalanya bosan untuk terus-menerus membeli makanan diluar. Anak kost pada umumnya memiliki alat masak yang terbatas.

Menjadi anak kost dituntut agar bisa untuk mandiri serta kreatif. Jika mereka tidak memiliki peralatan memasak, disinilah jiwa kreativitas mereka muncul.

Ada saja tingkah nyelenah anak kost yang bikin geleng-geleng kepala dalam kegiatan masak-memasaknya. Apa saja itu? Check It Out.

 

1. Kompor dari setrika

Banyak anak kos yang kreatif dan membagikan hasil karya makanan mereka di media sosial. Twitter dan Instagram biasanya jadi tempat mereka mengunggah foto-foto unik tersebut.

Seperti foto yang diunggah pengguna Twitter @aqibasf. Dalam foto tersebut terlihat satu buah setrika pakaian digunakan sebagai kompor listrik dadakan. Setrika ini digunakan untuk memasak nasi goreng sosis.

Untuk wajannya, mereka kreatif menggunakan piring berbahan seng yang tahan panas. Kemudian mereka mulai memasak nasi goreng dan sosis tersebut. Hasilnya nasi goreng sosis ini matang dengan sempurna seperti dimasak dengan kompor asli.

 

2. Kompor dari rice cooker rusak

 

Rice cooker memang jadi penyelamat dan benda wajib bagi anak-anak kost. Selain untuk masak nasi, rice cooker juga paling umum digunakan untuk masak mie instan dan sebagainya.

Tapi kalau pengguna Twitter @Naaawwwww, justru membagikan foto rice cookernya yang berubah jadi kompor listrik. Caranya bagian tutup rice cooker dipotong, lalu komponen penghantar panasnya digunakan sebagai kompor.

Mereka pun menaruh panci untuk merebus telur hingga mie instan. Banyak netizen yang setuju kalau cara ini cukup berguna, sambil menunggu uang untuk membeli kompor listrik sungguhan.

 

3. Panci dari kaleng wafer bekas

Kaleng wafer fungsinya memang banyak. Selain untuk menaruh wafer, kaleng-kaleng ini biasanya digunakan untuk menyimpan benang hingga peniti yang buat orang terkecoh.

Tapi bagi anak kos yang kepepet dan ingin masak di dalam kamar mereka. Kaleng wafer bisa berubah menjadi panci serbaguna untuk menggoreng tahu lengkap dengan minyak di dalamnya.

Seperti foto yang dibagikan pengguna Twitter @meshyyyyyy. Lewat foto ini, terlihat kaleng wafer yang beralih fungsi jadi penggorengan untuk tahu.

 

4. Panggangan dari hanger

Ngidam bakar sate tapi terhalang tak punya alat panggangan? Tak perlu khawatir, karena anak-anak kost selalu punya jalan untuk mengatasinya.

Pengguna Twitter @Altostratusy, membagikan jalan ‘ninja’ nya untuk membakar sate daging dan sate sosis. Tanpa panggangan ia menggunakan hanger atau gantungan baju dari besi.

Di bawah gantungan baju itu terdapat arang yang menyala. Hasilnya sate sosis dan sate daging ini tetap matang, meski dipanggangnya di atas gantungan baju yang minimalis.

 

5. Memasak di teko listrik

Selain rice cooker, ada satu alat yang selalu jadi incaran anak kos. Yaitu teko air listrik, fungsinya memang untuk memasak air panas.

Tapi seiring berjalannya waktu, teko air listrik ini berubah fungsi menjadi tempat untuk memasak mie instan saat kepepet. Caranya hanya perlu memanaskan air, ketika sudah mendidih baru masukan mie instan.

Seperti cara yang dipakai oleh pengguna Twitter @kejuslice. Cukup Kreatif ya? Dapat memanfaatkan teko air listriknya, untuk memasak mie instan saat kelaparan.