Info Sewa Rumah Kos Kosan Medan Murah Sebagai anak kost yang mempunyai jumlah pengeluaran yang tidak sedikit, kamu bisa mengurangi biaya pengeluaran dengan berhemat listrik. Hal ini dapat mengurangi biaya keperluan sehari-hari yang sering menghantui kondisi finansial para milenial yang berstatus anak kost.

Bagi kamu yang masih berkuliah dan masih dibiayai oleh orang tua, bisa jadi kamu tidak terlalu pusing. Namun, bagaimana dengan mereka yang merantau dan menjadi anak kost untuk bekerja? Makah hal ini memiliki pertimbangan tersendiri. Terutama ketika di mana penggunaan listrik terbilang cukup boros saat semua kegiatan harus dilakukan dari rumah. Berikut ini beberapa cara agar kamu bisa menekan pengeluaran dengan hemat listik di kost kamu.

  1. Hindari menumpuknya kabel pada saklar

Untuk hemat listrik di kost, hal pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan tidak menumpuk kabel pada satu saklar. Seringkali saklar di kos kamu jadi bertumpuk-tumpuk karena keperluan sehari-hari seperti televisi, charger smartphone dan laptop, hingga rice cooker. Tanpa kamu sadari, hal ini merupakan hal boros, karena, kabel yang masih tercolok pada saklar akan tetap mengalirkan arus listrik walaupun device tidak digunakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tempatkan kabel pada saklar lain yang sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Homesick Bagi Anak Kost yang Jauh di Perantauan

  1. Gunakan lampu LED

Berikutnya, dengan memanfaatkan lampu LED kamu bisa lebih hemat di tempat kost. Dibandingkan dengan lampu pijar, lampu LED memang memiliki harga yang lebih mahal. Namun, dibandingkan dengan lampu pijar, penggunaan listrik dari lampu LED ini lebih hemat. Bahkan penerangan yang dihasilkan lampu LED juga jauh lebih terang serta memiliki daya tahan yang cukup lama.

  1. Bijaksana dalam menggunakan lampu

Cara lain agar lebih irit dalam penggunaan listrik yaitu memanfaatkan lampu dengan bijaksana. Meskipun kamu memilih menggunakan lampu LED bukan berarti kamu bisa menggunakannya setiap saat. Sebaiknya seluruh lampu dalam tempat kos dimatikan apabila kamu hendak berpergian baik sebentar atau lama. Kamu sudah mengurangi pengeluaran dalam jumlah banyak dengan mematikan lampu jika dilakukan secara rutin.

  1. Gunakan listrik dengan sistem pulsa

Cara lainnya untuk hemat listrik adalah dengan menggunakan listrik dengan sistem pulsa. Karena, penggunaan voucher pulsa dapat membantu kamu untuk mengendalikan penggunaan listrik di tempat kost. Jika nominal pemakaian sudah mencapai batas pada voucher yang kamu isi, maka listrik di tempat kos akan berhenti secara otomatis. Hal ini akan mendorong kamu untuk lebih bijak dalam menggunakan barang elektronik.

Na, itu dia empat cara efisien yang dapat kamu terapkan untuk menghemat listrik di tempat kost. Intinya sangat sederhana, bijaklah dan cermatlah dalam menggunakan barang-barang elektronik di tempat kost.