Info Sewa Rumah Kos Kosan Medan Murah Berkuliah di tempat yang jauh dari tempat tinggal, membuat kamu siap untuk memerankan diri sebagai anak kost. Nah, sebagai anak kos, kamu seharusnya cermat mengelola uang kiriman dari orangtua agar  tidak kehabisan di akhir bulan.

Sebagai anak kost yang mungkin sedang menjalani dunia perkuliahan, kamu sendiri dituntut untuk lebih mandiri dan lebih dewasa lagi. Hal ini karena sekolah tinggi atau universitas pilihan kamu bertempat di luar kota dan jauh dari pantauan orangtua.

Orangtua yang berada jauh membuat kamu perlu belajar untuk mandiri dalam setiap hal, tidak terlepas juga yaitu dalam mengelola uang bulanan. Banyak biaya yang harus dikeluarkan orangtua untuk menopang kamu di tempat perantauan. Biaya kuliah sendiri sudah besar, yah boleh jadi kamu termasuk yang beruntung karena bisa memperoleh beasiswa.

Tidak hanya membiayai uang kuliah, orangtua juga berusaha keras untuk mencukupi kebutuhan hidupmu setiap bulannya. Oleh karena itu, kamu perlu bijak dan cermat dalam mengelola uang itu. Tentu kamu tidak ingin jika perjuangan keluarga yang sedang kamu emban untuk meraih masa depan yang lebih baik yaitu dengan berkuliah, malah jadi menyusahkan orangtua dengan gaya hidup foya-foya bersama teman-teman. Padahal kamu tahu sendiri bagaimana orangtua kamu banting tulang untuk dapat mengirim uang buat keperluan kamu.

Baca Juga : Jajanan Favorit Anak Kost, Donat Kentang dengan Varian Rasa

Maka, kamu harus jaga kepercayaan orangtuamu dalam hal mengelola uang kirimannya ya, supaya kamu menjadi anak yang berbakti, ya dengan mencukupi hidupmu dari seberapapun uang yang mereka berikan. Mari kita ulas secara ringkas, 3 tips kebiasaan hemat anak kost agar memiliki uang lebih banyak sampai akhir bulan.

  1. Catat Rencana Pengeluaran Rutin yang Wajib Dikeluarkan

Kontrol diri kamu ketika baru mendapat transferan uang saku, jangan sampai langsung dihabiskan dengan pergi hangout bersama teman-teman kuliah. Kamu dapat melakukan hal ini. Begitu mendapat uang kiriman, segera catatlah pengeluaran yang memang wajib dikeluarkan setiap bulannya seperti: uang sewa kos, biaya makan setiap hari, pulsa dan kuota, perlengkapan pribadi (sabun mandi, shampoo, dan sebagainya), ongkos transportasi, fotokopi bahan kuliah, dan sebagainya. Buat catatan ini agar penggunaan uang jajan kamu lebih terarah.

  1. Bawa Uang di Dompet Secukupnya Saja

Jangan membawa terlalu banyak uang di dompet ketika bepergian keluar. Cukup membawa secukupnya saja, misalnya uang untuk makan siang dan cadangan untuk keperluan perkuliahan yang mendadak. Karena jika kamu membawa uang lebih, kamu biasanya akan cenderung jadi boros untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

  1. Jangan remehkan uang receh.

Tabunglah uang receh, meskipun nilainya kecil, mengumpulkan uang receh setiap hari bisa menjadi pertolongan pertama di akhir bulan atau jika uang jajan datang terlambat. Dibandingkan menabung dengan nominal besar, tentu lebih mudah mengumpulkan uang logam seribuan setiap hari. Kalau sampai akhir bulan keuanganmu aman, tabungan receh ini bisa dilanjutkan.

Nah, Tidak sulitkan hidup berhemat sebagai anak kost? Selain hidup berhemat, kamu juga harus merasa nyaman di kostan. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih tempat kost yang nyaman, agar tujuan utama kamu untuk berkuliah dapat kamu jalani dengan baik. Jika kamu mencari tempat kost yang nyaman, luas, bersih dengan wifi gratis di Medan, kamu bisa memilih kost Medan sebagai tempat kost kamu.